• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Presiden Jokowi Sesalkan Karhutla Kembali Terulang dan Meluas

16 September
21:36 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru : Presiden Joko Widodo setibanya di Pekanbaru menggelar rapat terbatas bersama sejumlah menteri, Panglima, Kapolri serta kepala daerah dan kepala dinas di Riau di salah satu hotel di Pekanbaru, Senin (16/9/2019). 

Jokowi menyesalkan kebakaran hutan dan lahan kembali terulang dan meluas. Dirinya juga berulang kali menggelar rapat terkait hal ini namun karhutla tak kunjung selesai.

"Saya hanya ingin mengingatkan kita semuanya di rapat 15 Juli lalu di istana sudah saya ingatkan pencegahan dalam kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan. Karena kejadian kebakaran apalagi di lahan gambut, pengalaman bertahun tahun kita telah mengalaminya dan sangat sulit menyelesaikan," ujarnya. 

Disampaikan Jokowi, seluruh perangkat sudan diingatkan untuk antisipasi terjadinya karhutla. Namun hal ini justru tidak digubris.

"Kita tahu gubernur memiliki perangkat sampe ke bawah bupati walikota camat kepala desa. Pangdam juga punya perangkat dandem dandim koramil babinsa semua ada.
Kapolda juga punya perangkat baik kapolres kaposek sampai babbinkamtibmas semuanya ada," tambahnya.

Kemudian diungkapkan presiden, semua perangkat dimiliki namun tidak aktif berjalan sehingga titik api muncul tidak bisa ditangani dengan cepat.

"Belum BNPB, belum kita punya di kehutanan kita punya semuanya. Tapi perangkat-perangkat ini tidak diaktifkan secara baik. Kalau infraastruktur ini diaktifkan saya yakin titik api sudah ketauan dulu sebelum sampe menjadi ratusan titik api. Dan itu sudah saya ingatkan berkali kali mengenai ini. Yang kita hadapi ini bukan hutan tapi lahan gambut. Kalau sudah terbakar habis berapa juta bom air sulit dipadmakan," lanjutnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00