• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Klarifikasi Aturan Impor Daging, DPR Mau Panggil Menteri Perdagangan

16 September
20:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Azam Azman Natawijana berencana untuk memanggil pihak Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI dalam waktu dekat ini. Pemanggilan itu terkait Permendag Nomor 29 Tahun 2019 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Hewan dan Produk Hewan.

Politisi Partai Demokrat ini mengungkapkan, pihaknya tak pernah diajak bicara Kemendag sebelum mengeluarkan peraturan tersebut. Diduganya Kemendag hanya membahas dengan Komisi IV DPR RI. Namun dia berencana untuk memanggil Menteri Enggartiasto Lukita beserta jajaran. 

Disana pihaknya ingin mendengar langsung terkait kabar simpang siur yang menyatakan kalau Permendag baru itu menghilangkan kewajiban serifikasi halal atas daging hewan impor.

"Inikan sudah hampir reses, mudah-mudahan besok kita bicara dengan pimpinan yang lain untuk menyikapi peraturan menteri perdagangan tentang produk bersertifikasi halal," janji dia saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Senin (16/9/2019).

Lebih lanjut diperingatkannya, jika memang benar aturan terkait sertifikasi halal ditiadakan dalam Permendag tersebut, maka menurut dia, pemerintah telah membuat aturan yang sangat aneh. Sebab, sebagian besar warga negara Indonesia nyatanya beragama Islam. Sementara semua umat Islam diwajibkan untuk memproduksi makanan yang halal.

"Ini suatu hal yang aneh, jika pemerintah mengeluarkan aturan tidak mewajibkan daging impor halal. Buat apa aturan produk halal itu (UU nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal) itu disetujui oleh DPR, tapi di satu sisi pemerintah mengabaikan aturan dan undang-undang tersebut," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00