• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Pengiriman 50 kg Ganja ke Jawa Timur Digagalkan BNNK Solo

16 September
20:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Sejumlah 50 kilogram narkotika jenis ganja kering yang akan diedarkan di Kediri dan Malang, Jawa Timur digagalkan Badan Nasional Narkotika Kota (BNNK) Surakarta. Ganja tersebut merupakan milik  jaringan pengedar lintas Sumatera-Jawa.

Ganja kering diamankan dari salah seorang kurir Anang Arif Als Minarjo Bin (Alm) Djuari di salah satu Agen Bus, di Gilingan Banjarsai Solo. Selain mengamankan kurir, petugas juga mengamankan narkotika jenis sabu seberat 1,6 gram. 

Kepala BNNK Solo AKBP Edison Pandjaitan menyampaikan, awal bulan September lalu mendapatkan informasi adanya penyelundupan Narkotika. Barang haram itu diduga jenis ganja yang akan dikirim ke wilayah Jawa yang dilakukan oleh jaringan Sumatera-Jawa. 

"Barang itu dimasukkan dalam koper di bawa menggunakan armada Bus AKAP dari Pelabuhan Merak melalui jalur Tol lintas Jawa," ungkap AKBP Edison Pandjaitan  saat rilis perkara di Mako BNNK Balaikota Surakarta, Senin (16/9/2019).

BNNK Kota Surakarta kemudian melakukan pemantauan dan penyelidikan terhadap jaringan tersebut. Lanjut Edison, pada 10 September tersangka pergi ke Jakarta menggunakan pesawat dari Juanda menuju Soekarno Hatta. 

Sesampainya di Tangerang, kurir tersebut kemudian diarahkan ke Cilegon untuk mengambil barang. Dari Cilegon barang dibawa ke Jawa Timur menggunakan armada Bus AKAP  menuju Solo dan Malang pada hari Kamis tanggal 12 September 2019. 

"Sebenarnya bus itu tidak mampir ke Pool Gilingan, tapi kita minta agar berhenti. Setelah berhenti di Pool kita minta semua penumpang turun dan membawa barang bawaan. Dari situ kita tahu barang yang kita curigai milik siapa," beber Edison.

Selanjutnya BNN Kota Surakarta yang dibantu BNN Provinsi Jawa tengah menangkap penumpang atas nama Anang Arif Als Minarjo Bin (Alm) Djuari di pool Bus di Jl. A. Yani Depan Pasar Ngudi Rejeki Gilingan Solo. Kemudian dilakukan penggeledahan dan ditemukan barang Narkotika sebanyak 50 Kg ganja kering dan Shabu 1,6 Gram.

"Betul dua koper isi ganja kita amankan. Beserta barang bukti lainnya dan kita lakukan pemeriksaan," sambung mantan Kapolsekta Jebres Surakarta tersebut.

Ganja seberat 50 KG, tersebut dikemas menjadi 20 bungkus dengan berat masing masing sekitar 2,5 kg. Ganja juga dimasukkan dalam dua buah koper besar. Petugas selain mengamankan ganja juga barang bukti 1.62 gram sabu yang dimasukkan di grenjeng bungkus rokok.

"Ada dua buah HP merk Andromax dan Nexcom, satu buah tas punggung berisi KTP palsu atas nama Minarjo, satu lembar lembar tiket pesawat Lion air tujuan Juanda-Soeta, tiket bus tujuan Tangerang- Nganjuk dan ATM BCA.

"Tersangka terancam Pasal Primer 114 ayat (2) Subsider 112 ayat (1) lebih Subsider Pasal 111 ayat (2)UU Nomor 35 Tahun 2009, dengan ancaman hukuman maksimal seumur hidup dan atau pidana mati," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00