• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Laksanakan Program Kentongan, RRI Bengkulu MoU Dengan BPBD

16 September
19:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Dalam rangka mendukung pelaksanaan program “kentongan” yang berisi tentang edukasi bencana, Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP-RRI) Bengkulu, pada Senin, (16/9/2019) sore, melakukan penanda tangan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu.

Penanda-tanganan MoU tersebut dilakukan Kepala LPP RRI Bengkulu Ahmad Bahri dengan Kepala BPBD Provinsi Bengkulu Rusdi Bakar, dan disaksikan jajaran pejabat struktural di lingkup RRI dan BPBD Provinsi, bertempat di kantor BPBD Provinsi.

Kepala pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu Rusdi Bakar memberikan apresiasi terhadap program ini. Apalagi kerjasama antara pihaknya dengan media khususnya RRI bukan hal yang baru, karena selama ini sudah lama bekerjasama. Tetapi dengan adanya program kentongan, seakan-akan melakukan MoU baru.

“Melalui penanda-tanganan kesepakatan ini, harapan kedepan semakin baik koordinasi dan kerjasama kita dengan RRI Bengkulu. BPBD siap kapan dan dimana saja dalam memberikan informasi tentang kebencanaan kepada publik di Bengkulu,” ujarnya.

Dikatakan, dalam program kentongan yang digagas RRI ini, juga akan dijadikan pihaknya sebagai ajang sosialisasi sekaligus edukasi terhadap masyarakat mengenai kebencanaan. Mengingat setiap musim, tidak dipungkiri ada kejadian kebencanaan tersendiri, seperti sekarang ini musim kemarau, kekurangan air dan kebakaran. Termasuk juga kejadian gempa dan tsunami yang tidak dapat diprediksi.

“Dengan kondisi yang terjadi sekarang kami (BPBD,red) meminta masyarakat waspada dengan api. Sedangkan untuk air bersih kita sudah berkoordinasi dengan pihak PDAM dalam hal pengiriman tangki air kepada masyarakat, diantaranya ke Seluma besok akan didistribusikan. Lalu mengenai kebakaran, agar masyarakat berhati-hati, karena sekarang dengan mudahnya api bisa merembet kemana-mana, contohnya di Enggano kembali terjadi kebakaran lahan, setelah sebelumnya kejadian sama terjadi, dengan terbakarnya lebih kurang 30 hektar lahan perkebunan masyarakat,” terangnya.

Sementara, sebelumnya Kepala LPP RRI Bengkulu Ahmad Bahri menjelaskan, program kentonganmerupakan suatu acara yang dilaksanakan RRI dalam mengedukasi masyarakat khususnya di Provinsi Bengkulu dan Indonesia secara umumnya,soal mitigasi bencanamelalui siaran khusus pada jam yang telah ditentukan kepada publik.

Sedangkan formatnya sendiri, selain berupa dialog interaktif, sarasehan, diskusi, juga ada filer, majalah udara, radio spot dan iklan, dengan menghadirkan nara sumber berkompeten seperti BPBD, dan melibatkan masyarakat.

“Dengan adanya program kentonganini, masyarakat Bengkulu khususnya semakin sadar akan bahaya bencana alam yang datangnya tidak dapat diprediksikan,” demikian kata Bahri.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00