• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Dalam Tiga Hari, Karhutla Sumsel Sudah Meluas 700 Hektare Lebih

16 September
17:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palembang : Kabut asap semakin pekat terutama terlihat jelas saat pagi dan menjelang malam. Kondisi ini tak lain karena kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang tersebar di sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Selatan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat pada Jumat lalu mencatat luas lahan terbakar mencapai 2.800 hektar. Jumlah tersebut pada Senin (16/9/2019) kembali bertambah seluas 700 hektare lebih  sehingga total kebakaran lahan di Sumsel dihitung dari awal tahun ini telah mencapai 3.500 hektare lebih.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan Ansori mengatakan jumlah titik panas yang terpantau sebanyak 471 titik yang tersebar di Kabupaten Ogan Komering Ilir sebanyal 188 titik panas, 53 titik panas di Kabupaten Ogan Ilir dan 51 titik panas di Musi Banyuasin.

“Kita bersama satgas lainnya sudah berjuang memadamkan api dari pagi sampai sore, baik melalui pemadaman darat dan udara,” ujarnya saat dihubungi RRI petang ini.

Ansori menambahkan berbagai kendala tentu dihadapi petugas di lapangan seperti sulitnya menjangkau lokasi kebakaran dan sumber air minim di sekitar lokasi.

“Pemadaman karhutla di Sumsel melalui satgas darat dan juga helikopter waterbooming. Khusus untuk udara, perlu ada penambahan helikopter lagi agar bisa menjangkau lokasi kebakaran,”  pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00