• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Sumsel Membara, Ogan Ilir Kembali Terjadi Kebakaran Lahan

16 September
16:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palembang : Sekitar satu hektar lahan gambut yang berada jalan menuju Kawasan Mandiri Terpadu (KTM) tepatnya di Dusun 2 RT 3 Desa Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, Senin (16/9/2019) nyaris ludes terbakar.

Untungnya masyarakat setempat gesit dengan langsung mengabarkan adanya kebakaran kepada petugas karhutla terdekat, sehingga api cepat dipadamkan.

Sekitar dua jam lebih warga bersama satgas karhutla TNI, Polri, Manggala Agni dan BPBD, berjibaku memadamkan api yang berkobar di lahan tak produktif itu.

“Api mulai terdeteksi sejak siang. Kami langsung menuju lokasi karena posisi kebakarannya berada di sisi rel kereta api dan pemukiman warga,” ungkap Ahmad Zainuri, seorang warga setempat.

Usaha memadamkan api membuahkan hasil, meskipun hingga berita ini dibuat, asap masih keluar dari atas lahan tersebut.

“Kalau api yang besar sudah padam, tapi ini sebetulnya masih ada apinya di sisi sisi lahan,” jelas Zainuri.

Sementara itu, data terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel yang menyebut luas kebakaran hutan dan lahan di Provinsi itu telah mencapai 3.500 hektare lebih.

"Daerah terluas yang mengalami karhutla ini berada di Kabupaten Musi Banyuasin mencapai 1.200 hektare," ujar Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori saat dihubungi hari ini.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00