• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Belasan Hektar Lahan di Kota Bogor Terbakar Saat Musim Kemarau

16 September
16:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bogor : Musim Kemarau panjang ini menyebabkan terbakarnya belasan hektar lahan Perkebunan di Kota Bogor.

Berdasarkan data Pemadam Kebakaran Kota Bogor dalam Bulan Agustus lalu saja terjadi sedikitnya 15 titik api dari lahan yang terbakar, kemudian pada bulan September ini terjadi kebakaran dengan luasan lahan yang luas di Kawasan Cimahpar dengan mencapai 5 hektar.

Kepala Pemadam Kebakaran Kota Bogor Marsee Saputra mengungkapkan kebakaran lahan ini tersebar di kawasan Bogor Barat, Utara dan Selatan.

Sebagian besar lahan yang terbakar itu merupakan perkebunan dan ladang tempat masyarakat bercocok tanam.

Menurut Marsee Saputra ada dugaan lahan itu sengaja dibakar masyarakat untuk mempersiapkan bercocok tanam, Warga banyak membakar sampah di lahan kosong yang langsung menjalar ke alang alang dan daun kering.

Petugas sempat mendapatkan kesulitan dalam memadamkan lahan karena luasan terbakarnya lahan dan hembusan angin yang kencang saat kemarau melanda.

“Kebakaran Lahan di Kota Bogor semakin meluas karena warga banyak yang membakar sampah di lahan kosong yang nantinya digunakan bercocok tanam.” Ungkapnya, Senin, (16/9/2019)

Selanjutnya Marsee menghimbau masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan dengan menggunakan cara apapun untuk keperluan bercocok tanam.

Masyarakat sekitar lahan yang terbakar juga menderita karena asap dari kebakaran lahan itu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00