• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

KPK Digugat MAKI Karena Hentikan Penyidikan Kasus Bank Century

16 September
15:49 2019
0 Votes (0)

KBRN Jakarta :  Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) kembali mengajukan gugatan praperadilan terhadap KPK dalam kasus Bank Century di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Kuasa hukum MAKI, Rizky Dwi Cahyo Putra, mengaku objek gugatannya terkait penghentian penyidikan kasus Bank Century. 

Menurut Kuasa hukum MAKI, Rizky Dwi Cahyo Putra, objek gugatannya terkait sah-tidaknya penghentian penyidikan kasus Bank Century.

MAKI menganggap KPK tidak menjalankan putusan praperadilan PN Jaksel nomor 24/pid.prap/2018/pn.jkt.sel karena tidak melakukan penyidikan dan menetapkan tersangka terhadap Boediono, Muliaman D Hadad, dan Raden Pardede, dkk.     

"Inti permohonannya karena sampai sekarang dari putusan nomor 24 praperadilan kemarin kita menang bahwa itu kan diperintahkan hakim untuk segera melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penetapan tersangka terhadap orang-orang itu kan. Tapi sampai sekarang KPK ini hanya penyelidikan saja sampai sekarang," ungkap Rizky kepada wartawan di PN Jaksel, Senin (16/9/2019).

Dijelaskannya  hingga periode pimpinan lembaga anti rasuah akan berakhir pada akhir tahun ini, kasus bank Century sama sekali tidak tersentuh, karena pihak yang diduga terlibat, belum ditetapkan sebagai tersangka. 

"Kami Kecewa dengan KPK dkarena hinhga saay ini  kasus Century tidak disentuh oleh KPK dan  pimpinan KPK  di periode ini sudah melupakan kasus bank Century yang merugikan negara triliunan rupiah," katanya.

Sementara itu Sidang dengan  hakim tunggal,  Haruno SH,MH mendengarkan pembacaan permohonan dari MAKI dan sidang akan berlangsung dalam waktu tujuh hari kerja.

"Sidang hari ini mendengarkan pembacaan permohonan dari pihak pemohon dan selanjutnya sidang akan diputus pada hari Selasa 24 September 2019 mendatang," ujar Haruno dalam persidangan di PN Selatan. 

Dalam permohonan gugatan praperadilan,  hari ini termohon  KPK dan pihak turut termohon  I adalah Bareskrim Polri, turut termohon II Kejaksaan Agung, dan turut termohon III Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat hadir dalam sidang Pra peradilan di PN Selatan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00