• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Akibat Asap, Polwan Tumbang Masuk Posko Siaga Asap Pekanbaru

16 September
15:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah membuka sebanyak 14 Posko Siaga Kabut Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang sudah terjadi sejak dua bulan terakhir. Dari 14 Posko tersebut, terbagi dalam dua jenis, yakni Pos Kesehatan dan Rumah Singgah, dimana masing-masing dijamin steril dari asap serta lengkap dengan Tim Medis.

Kualitas udara yang sangat buruk di Kota Pekanbaru mengharuskan seluruh masyarakat mengenakan masker medis saat aktivitas luar rumah. Akan tetapi, akibat begitu tebalnya asap, dan disertai aroma menyengat, banyak sekali kaum perempuan dan anak-anak yang tidak tahan dan harus masuk Posko Kesehatan terdekat.

BACA JUGA: Versi AirVisual, Kualitas Udara Pekanbaru Sangat Tidak Sehat

Bukan hanya warga, anggota kepolisian dari Korps Polisi Wanita (Polwan) yang bertugas di Kota Pekanbaru sejak pagi hingga siang ini harus masuk posko mendapat perawatan akibat sesak nafas terlalu lama berada di kawasan berasap tebal. Masker yang mereka kenakan kabarnya sudah tidak memadai lagi untuk melindungi pernafasan secara baik.

Tim medis dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau langsung memeriksa kondisi kesehatan para Polwan yang kompak mengeluhkan gangguan pernapasan di Posko Kesehatan Siaga Kabut Asap Pekanbaru, Riau, Senin (16/9/2019). 

BACA JUGA: Tangani Korban Asap Karhutla, Pemprov Riau Buka Posko Kesehatan

Selain mempersiapkan 14 Posko Siaga Kabut Asap, Pemprov Riau memberlakukan layanan kesehatan gratis bagi seluruh warga atau7 masyarakat yang terdampak kabut asap Karhutla.

Pertolongan pertama yang diberikan Posko terhadap semua yang datang akibat terdampak kabut asap adalah bantuan oksigen portabel. Seperti yang dialami para Polwan tersebut, mereka dibantu untuk terus menghirup oksigen sambil mendapat pemeriksaan kesehatan apakah ada gangguan lainnya selain pernafasan yang dikeluhkan.

BACA JUGA: Mahasiswa Tuntut Pemda Cabut Izin Perusahaan Pembakar Lahan di Riau

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00