• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Tangani Korban Asap Karhutla, Pemprov Riau Buka Posko Kesehatan

16 September
09:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Sebagai salah satu daerah yang terdampak Karhutla paling parah, sejak Sabtu, 14 September 2019 lalu, Gubernur Riau Syamsuar sudah mengeluarkan Status Siaga Karhutla hingga 31 Oktober 2019.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) setempat juga sudah menginisiasi pembukaan posko kesehatan bagi siapapun anggota masyarakat korban asap. Seluruh biaya pengobatan warga yang sakit akibat asap Karhutla ditanggung pemerintah daerah dan pusat. 

BACA JUGA: Versi AirVisual, Kualitas Udara Pekanbaru Sangat Tidak Sehat

Dari Puskesmas sampai Rumah Sakit Umum Daerah di Riau sudah dijadikan posko kesehatan darurat. Posko kesehatan dan rumah singgah bagi korban asap itu nantinya menyediakan ruangan yang benar-benar steril dari asap, lengkap dengan tim medis.

"Kami sediakan posko kesehatan dampak kabut asap di Pekanbaru. Ada juga rumah singgah buat warga," yang terpapar asap," demikian rilis Pemprov Riau, Senin (16/9/2019).

BACA JUGA: Asap Karhutla Riau, Kunjungan Wisata Turun

Lokasi posko kesehatan diantaranya berada di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Riau Jl Cut Nyak Dien, Pekanbaru, Aula Bapenda, Jl Sudirman, Balai Rehabilitasi Sosial Anak dan Rumah Sakit Jiwa di Kecamatan Tampan, serta Aula Kantor Perhubungan Riau. Sementara untuk lokasi rumah singgah, utamanya diarahkan ke Rumah jabatan asisten II dan asisten II di Jl Gajah Mada. 

Jika ditotal sampai sekitar Kota Pekanbaru, sebenarnya ada 14 lokasi posko kesehatan dan rumah singgah yang siap melayani masyarakat terdampak asap Karhutla.

 

00:00:00 / 00:00:00