• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

PDI-P Solo Kantongi Bacalon Walikota, Gibran Tak Dilirik

15 September
21:20 2019
0 Votes (0)

KBRN,Surakarta: Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo telah mengantongi nama calon walikota dan wakil walikota. Dari nama yang telah disiapkan tak melirik nama putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. 

Kendatipun sempat menduduki survei tertinggi yang dilakukan oleh Universitas Slamet Riyadi Solo, namun PDIP tak meliriknya. PDI-P justru memberikan sinyal bakal mengusung Pasangan Acmad Purnomo- Teguh Prakosa maju Pilkada 2020.

Wakil Walikota dan Juga mantan Ketua DPRD Surakarta itu berpeluang besar diusulkan ke DPP PDI-P. Karena 4 PAC PDIP Solo mendukungnya maju Pilkada.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, menyampaikan dukungan sudah mengalir dari empat kecamatan. "Jebres yang belum menyampaikan dukungan. Malam ini baru dirapatkan," ungkap Rudy, Minggu (15/9/2019). 

Penjaringan Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota dari PDI-P Solo dilakukan Tertutup. Rudyatmo mengatakan penjaringan dilakukan tertutup untuk mempercepat proses. 

Diakui, sampai saat ini Rudy belum menerima petunjuk dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) mengenai mekanisme pencalonan pasangan walikota dan wakil walikota di Pilkada serentak 2020. Namun menurut Rudy, DPC tetap bisa melakukan penjaringan tertutup berdasarkan Peraturan PDIP No 24 tahun 2017. 

“Kalau tertutup kan lebih cepat. Tidak harus menunggu orang mendaftar dulu,” katanya.

Menurut informasi yang dihimpun PAC PDI-P Pasar Kliwon, Laweyan, Banjarsari, dan Serengan telah menyampaikan dukungannya untuk pasangan Purnomo-Teguh sejak awal bulan September. 

"Kalau nanti semua PAC sudah menyampaikan aspirasinya, DPC akan mengirim ke DPP sana. Tinggal nanti DPP menyetujui atau tidak,” kata Rudy.

Dengan besarnya dukungan dari struktural PDIP, besar kemungkinan nama Purnomo-Teguh bakal diteruskan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP untuk mendapat rekomendasi. Dukungan untuk Purnomo-Teguh juga menyebar cukup deras di media sosial. 

Sejumlah akun kader PDIP Solo sejak beberapa hari lalu sudah mengunggah foto-foto dukungan untuk pasangan calon tersebut dengan berbagai singkatan seperti Puguh, Ampuh, maupun PTG.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00