• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Bangkitkan Rasa Cinta Tanah Air, Fakultas Hukum Unmul Gelar Jambore Konstitusi

15 September
15:56 2019
1 Votes (5)

KBRN, Samarinda : Berkerjasama dengan Mahkamah Konstitusi, Fakultas Hukum Universitas Mulawarman menggelar Jambore Konstitusi Kalimantan Timur dan Seminar Regional bertemakan “Memelihara Kebangsaan Melalui Konstitusi” di Aula Gedung Fakultas Hukum Unmul Kota Samarinda Minggu, (15/9/2019).

Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya sejak tahun 2018 lalu dalam bentuk festival, berbeda untuk tahun 2019 kali ini Jambore Konstitusi digelar dengan konsep seni yang diikuti sejumlah sekolah tingkat SMA, SMK serta sekolah tinggi lainnya. Berbagai macam rangkaian kegiatan dilakukan diantaranya lomba sekolah sadar konstitusi, lomba design poster, teater hingga film pendek.

Dari dua kategori lomba yakni sekolah sadar konstitusi dan teater berhasil dimenangkan oleh SMA 10 Samarinda sebagai juara pertama, disusul SMK 17 untuk juara ke 2. Disisi lain pada kategori film pendek dimenangkan oleh peserta perwakilan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wiyata Husada Samarinda di posisi pertama dan untuk posisi kedua serta ketiga diraih oleh peserta perwakilan Fakultas Hukum Unmul.

Wakil Ketua Dekan 1 Bidang Akademik Nur Arifudin disela kegiatan kepada RRI mengatakan, digelarnya Jambore Konstitusi ini bertujuan untuk memberikan pengawalan atau penegakan terhadap konstitusi dan agar kaltim bisa memotori terjadinya kemajuan serta terbentuknya rasa cinta tanah air melalui konstitusi.

“Mahkamah Konstitusi merupakan satu lembaga yang memberikan pengawalan atau penegakan terhadap konstitusi, merupakan lembaga yang memiliki marwah terhadap keutuhan NKRI, melalui konstitusi juga kita bisa merawat kebhinekaan apalagi di akhir-akhir ini kan banyak isu-isu yang berpotensi mengancam kebhinekaan NKRI," jelasnya. 

“Nah disini sebenarnya modal sosial kita untuk bagaimana Kaltim atau melalui Samarinda bisa memotori terhadap kemajuan, terhadap cinta tanah air, merawat kebhinekaan melalui konstitusi," tutur Arifudin

Lebih lanjut Arifudin menuturkan, festival konstitusi ini diharapkan bisa terus berlanjut dan berkesinambungan demi kemajuan bangsa dan polapikir melalui kegiatan-kegiatan yang bertemakan kenegaraan serta bersifat nasionalis.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00