• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Spot Baru, Menikmati Panorama Malam Kota Solo dari Rooftop

14 September
21:57 2019
2 Votes (3)

KBRN, Jakarta : Mengagumi Kota New York, Amerika Serikat (AS) dari atas Patung Liberty, atau menyaksikan geliat Megapolitan Jakarta dari Puncak Monumen Nasional (Monas), sudah menjadi santapan umum. Bagaimana kalau melihat kecantikan Kota Solo di malam hari dari atas? Nah, ini dia pengalaman yang mesti dibagikan.

Solo Square terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi No. 451-455, Pajang, Laweyan, Solo, dan merupakan pusat perbelanjaan modern yang jadi favorit masyarakat di sana. Awalnya mall ini hanya terdiri dari lima lantai saja, namun sekarang Solo Square memiliki enam lantai dan telah menjadi salah satu mall terbesar dan terlengkap di kota Solo dan sekitarnya.  Lokasinya juga sangat strategis karena berada di pusat kota membuatnya selalu ramai pengunjung.

Solo Square bersolek dengan penambahan lantai atas untuk Cinema XXI pada 2012 dan Ace Hardware pada 2013. Mall ini berisi tenant atau penyewa-penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar skala nasional maupun internasional. Beberapa anchor tenant-nya adalah Hypermart, Matahari Department Store, dan Cinema XXI. 

Hadir pula ratusan tenant lainnya mulai dari Fashion, Apparels, Acessories, Game, Tenants F&B, Resto, Bakery dan masih banyak yang lainnya. Diantaranya KFC, J.CO Donuts & Coffee, BreadTalk, A&W Restaurants, Pizza Hut, Mie Horizon, D' Cost Seafood, Hoka Hoka Bento, Solaria, Bengawan Solo Restaurant, Niagara Sushi, Mie Pasar Baru, Toko Buku Gramedia, Ace Hardware, Electronic Solution, Home Solution, Planet Surf, Inul Vizta, Fun World, Optik Melawai, Vinolia, Excelso, Polo, Buccheri, Giordano, Banana Fashion, Margo Murah Baru, Bunga Aksesoris dan ratusan tenant lainnya.

Akan tetapi, tempat favorit ternyata bukan hanya kongkow di kafe atau restauran didalamnya saja. Ada satu lagi yang belum banyak diketahui orang lain, yakni Rooftop Solo Square, dimana dari atas sana terhampar cantiknya Kota Solo saat bertebaran lampu di malam hari. 

Nurlatifah merupakan salah satu yang kerap menikmati kesendirian di atas sana. Dirinya merupakan karyawan sebuah perusahaan garmen di Boyolali, Jawa Tengah, yakni Tunhong Garment Indonesia. Ibu dua anak ini sebenarnya bukan orang Solo atau Boyolali, ia orang Betawi asli, dan tinggal di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur. Namun karena pekerjaan, ia mesti menjalani kenyataan hidup jauh dari keluarga. 

"Dari atas sini aku bisa menikmati Kota Solo yang cantik. Itu sebelah timur view-nya ada hotel tapi lupa hotel apa ya, tinggi banget. Dan di bawah itulah Kota Solo. Bisa sedikit mengobati kerinduan akan Jakarta," ucap Nurlatifah kepada RRI, Sabtu (14/9/2019).

Deretan lampu rumah penduduk nampak berjajar rapih dari tiap ufuk arah. Kota dengan lima Kecamatan dan 51 Kelurahan tersebut bagai hamparan kecil jika dipandang dari rooftop Solo Square. Dan menyaksikan keindahan tersebut ternyata punya arti penting dalam kehidupan pribadi Nurlatifah. 

Ia bisa lebih menyadari bahwa bahagia itu sederhana saja, dan keindahan itu adalah tak berbatas. Terlebih dengan keadaannya yang jauh dari keluarga, pastinya selalu butuh hal-hal menarik untuk dinikmati. Dan hal itu tak selalu dengan harga mahal.

"Menyaksikan keindahan kota Solo saja sudah senang. Dan sepertinya belum banyak yang tahu spot saya ini yah. Masalahnya kalau sudah ketahuan banyak orang gawat, bisa ramai, gak asik lagi dong," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00