• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Ilham Habibie Bantah Kabar yang Menyebutkan Almarhum Ayahnya Mendonorkan Kornea Mata

14 September
06:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pesan berantai yang beredar (broadcasting) di sosial media bahwa almarhum BJ Habibie telah mendonorkan kornea matanya untuk sang bungsu, Thareq Kemal Habibie adalah 'hoaks' atau berita bohong.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh kakak Thareq, Ilham Habibie semalam saat acara tahlil malam kedua yang berlangsung di kediaman rumah duka di Jalan Patra Kuningan 13, Jakarta Selatan. 

Dua hari setelah kepulangan almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie beredar kabar yang cukup menyentuh hati para netizen yang membacanya. Kabar tersebut berisi bahwa sebelum meninggal dunia, BJ Habibie sempat mendonorkan kornea matanya untuk sang anak, Thareq Kemal Habibie. Thareq sendiri, menjadi pusat perhatian masyarakat karena ia selalu mengenakan eye-patch pada mata kanannya.

Ilham Habibie menepis kabar bohong tersebut dengan mengatakan bahwa Thareq Kemal Habibie, adik bungsunya menderita penyakit bernama glaukoma. Penyakit glaukoma menyerang bagian retina mata. Hal ini disebabkan karena dia memiliki riwayat penyakit gula yang dideritanya. 

"Itu salah besar. Pertama, penyakit yang diderita oleh Thareq, adik saya adalah glaukoma. Glaukoma adalah penyakit yang merusak retina. Glaukoma terjadi karena Thareq menderita penyakit gula, itu tidak bisa diganti, sekali rusak akan tetap rusak," ujar Ilham Habibie saat ditemui RRI di kediaman BJ Habibie dan Ainun Besari, Jumat (13/9/2019).

"Jadi biarpun, ceritanya (yang beredar) indah didengar, tapi memang secara teknis tidak bisa dan memang tidak pernah terjadi. So, cerita itu hoaks," sambungnya.

Ilham menegaskan, hingga saat ini secara teknis belum ada cara untuk menyembuhkan penyakit yang diderita adiknya, baik dari segi medis atau teknologi canggih sekalipun.

"Tidak pernah dioperasi karena tidak bisa ditolong, itu harus dengan cara yang lain, belum ditemukan caranya," tegas Ilham. 

Dilansir dari website resmi halodoc.com, Glaukoma adalah jenis gangguan penglihatan yang ditandai dengan terjadinya kerusakan saraf mata. Kerusakan ini sering disebabkan oleh tekanan tinggi pada mata. Glaukoma bisa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Glaukoma sudut tertutup. Jenis glaukoma ini lebih banyak ditemukan di negara-negara Asia. Pada kasus ini, iris menonjol ke depan dan mempersempit atau menghalangi sudut drainase yang dibentuk oleh kornea dan iris. Akibatnya, cairan tidak bisa mengalir dengan baik melalui mata dan tekanan meningkat.

  • Glaukoma sudut terbuka. Pada kondisi ini, struktur mata tampak normal, tapi ada gangguan di dalam saluran mata yang disebut trabecular meshwork. Hal ini menyebabkan tekanan pada mata meningkat secara bertahap yang berujung pada kerusakan saraf optik. Glaukoma sudut terbuka terjadi sangat lambat, sehingga sering kali terlambat disadari.

  • Glaukoma sekunder yang disebabkan oleh peradangan pada lapisan tengah mata (uveitis) atau cedera pada mata.

  • Glaukoma kongenital disebabkan oleh kelainan pada mata (kondisi bawaan). Umumnya diidap oleh anak-anak.

Sayangnya, kerusakan mata yang disebabkan oleh glaukoma tidak dapat diobati atau diperbaiki kembali. Namun, pengobatan tetap perlu dilakukan untuk mengurangi tekanan intraokular pada mata dan mencegah meluasnya kerusakan pada mata. Secara umum, glaukoma bisa ditangani dengan obat tetes mata, obat-obatan yang diminum, terapi laser, serta operasi.

Berikut isi pesan berantai yang dinyatakan 'hoaks' atau berita bohong:

Thareq Kemal Habibie 

Tampil di tv hingga pemakaman sang ayah, tetap dengan mata kanan ditutup. Kenapa...??? 

Pasti publik penasaran, ada apa dengan mata kanan putra kedua Presiden ke 3 RI itu?

Ini jawabannya; kornea mata kanan Thareq Kemal ternyata rusak. (Semenjak 12 thn silam). Tadinya kornea mata sang ibu, Hj Ainun Habibie yang akan didonorkan. Tapi saat wafat 2010 silam, riwayat kanker yang menggerogoti tubuh Ibu Ainun membuat tim dokter urung melakukan operasi donor. 
Nah, sang ayah, Prof BJ Habibie, semenjak 2016 lalu sudah mendaftar sebagai pendonor kornea matanya buat si bungsu Thareq. 
Jadi, sebelum dikebumikan, tim dokter sudah mengambil kornea mata Alm BJ Habibie. Operasi kornea tidak harus sampai mencongkel biji mata.

Cinta Orang Tua Sepanjang jalan dan Cinta Anak Sepanjang Penggalah, dapat dimaknai Cinta Orang Tua kepada Anaknya Tiada Batas, sebaliknya Cinta Anak kepada Orang  Tuanya Terbatas. 

Betapa mulianya BJ Habibie, jasadnya saja masih bisa dijadikan amal Shaleh.

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00