• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Kuliah Gratis Peternakan UGM Diikuti Ratusan Peserta dari Jawa dan Sulawesi

13 September
20:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Saat ini untuk keempat kalinya Fakultas Peternakan UGM menyelenggarakan Kuliah Gratis “Bagimu Petani Kami Mengabdi” mendiskusikan 5 topik, berlangsung hingga 14 September - 11 Oktober 2019. 

Sebanyak 353 peserta dari Yogyakarta maupun kota-kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, bahkan dari Sulawesi Selatan mengikuti Kuliah Gratis “Bagimu Petani Kami Mengabdi” di Fakultas Peternakan UGM yang dimulai Jumat (13/9/2019).

Penanggung jawab Kuliah Gratis, DR Sigit Bintara mengatakan, lima topik dibahas dalam lima kali kuliah setiap hari Jumat, yaitu meliputi aneka ternak potong, aneka ternak perah, aneka ternak unggas, pakan ternak berkualitas, dan sistem peternakan terpadu. Setiap peserta boleh mengambil satu topik atau lebih.

“Peserta boleh mengikuti satu tema atau semuanya. Misalnya hari ini tentang Aneka Ternak Potong. Dalam kulian tentang aneka ternak potong itu dibicakan seluk-beluk dari A sampai Z aneka ternak potong. Para peserta yang sudah pengalaman beternak bisa ikut, yang belum pengalaman juga bisa ikut. Dan ada juga sesi diskusi”, jelas Sigit Bintara yang juga Ketua Pusat Kajian Pengembangan Peternakan Fakultas Peternakan, Jumat (14/9).

Dekan Fakultas Peternakan UGM Prof. Ali Agus yang sedang berada di Montreal Kanada mengatakan kepada wartawan melalui sambungan telepon Jumat siang, dari Kuliah gratis terdahulu terbukti masyarakat khususnya peternak sangat antusias untuk mendapatkan informasi langsung dari para ahli di kampus.

Pihak Fakultas peternakan sendiri memfasilitasi peserta dengan komunikasi antar peserta maupun antara peserta dengan fakultas, bahkan siap memberikan pendampingan sebagai bagian dari pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat.

“Para petani peternak maupun pengusaha penternakan memerlukan dukungan informasi dari sumber-sumber informasi sumber-sumber pengetahuan seperti Fakultas Peternakan UGM. Kami juga menyediakan forum untuk mereka asling bersilaturahmi sehingga dari perkenalan itu lalu ada pertukaran informasi dan sebagainya, sehingga ada manfaat lanjutan”, jelas Dekan Fakultas Peternakan Prof Ali Agus.

“Terbukti angkat pertama dan kedua Kuliah Gratis Peternakan telah berhasil membentuk koperasi yang berama Koperasi Rojokoyo Gama Mandiri”, tambah Ali Agus.

Sementara itu, Bambang Suwignyo PhD, Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama, mengatakan kepada peserta, materi kuliah gratis adalah hasil riset yang telah dilakukan oleh para dosen Fakultas Peternakan.

“Bapak ibu boleh jadi memiliki banyak pengalaman dalam beternak, tetapi kami juga memiliki rekord didalam pengembangan peternakan didalam konteks riset. Ada yang berpendapat, kampus itu kan hanya berurusan dengan teori saja. Padahal, kami yang namanya riset itu ya bukan hanya teori, tetapi juga implementasi, dipraktekkan”, kata Bambang Suwignyo.

“Misalnya tentang kualitas sperma sapi itu kan tidak bisa diteorikan begitu saja. Ya, harus betul-betul sperma diambil, dikoleksi, dicobakan, dan itu butuh waktu yang lama”, tambah Bambang Suwignyo memberi contoh.

Sejumlah peserta kuliah gratis mengatakan kepada RRI, mereka ingin menambah pengetahuan tentang beternak yang baik dan benar, sebagian mengaku ingin memulai usaha bidang peternakan. Kuliah gratis angkatan ke-empat berlangsung 5 kali pertemuan setiap hari Jumat hingga 11 Oktober 2019. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00