• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Asusila pada 19 Anak dan Remaja, Warga Tulungagung Diringkus Polisi

13 September
15:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Anggota Unit III/ Asusila, Subdit IV/ Renakta Ditreskrimum Polda Jatim, mengamankan tersangka Muhajar Sidiq (42), warga Srikaton, Tulungagung, atas tindak Pidana kekerasan seksual terhadap 19 anak. 

Kasubdit Renakta, AKBP Fisto Ari Permana menjelaskan, yang bersangkutan telah melakukan tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak dan remaja, sejak tahun 2008 lalu. Dengan TKP nya ada di rumah tersangka di Dusun Mayangan, Tulungagung.

"Dari korban kita menerima informasi itu kita olah dari keterangan saksi saksi korban itu kita terbitkan LP untuk mencari korban-korban lainnya. Dan akhirnya kita mengamankan tersangka yaitu saudara Muhajar Sidiq," jelasnya, Jumat (13/9/2019).

Atas kejadian tersebut unit Perlindungan Anak Kabupaten Tulungagung melaporkan kejadian tersebut ke Polda Jatim. Modusnya, tersangka merayu anak dibawah umur dengan diberikan imbalan uang sebesar Rp20.000 hingga Rp50.000

"Tersangka rayu korban dengan diberikan iming-iming sejumlah uang, dan korban diajak ke rumah tersangka untuk melakukan kegiatan asusila," imbuhnya. 

Dari informasi satu korban, polisi kemudian menndaklanjuti untuk mencari korban-korban lainnya. Kemudian menemukan 6 korban, selanjutnya dikumpulkan informasi, dan dari keterangan-keterangan yang ada, setidaknya ada 19 korban yang sudah dihimpun.

"Yang rata-rata berumur antara 14 sampai dengan 19 tahun. Korbannya laki-laki semua. Korbannya berada di sekitar domisili tersangka diantaranya di Kabupaten Tulungagung, Blitar, Kediri dan TKP-nya semuanya dilakukan di rumah tersangka," tandasnya. 

Atas perbuatannya, terkait dengan tindakan kekerasan anak dibawah umur, tersangka dijerat dengan pasal 82 UU RI No 17 tahun 2016 jo UU RI No 23 tahun 2002 terkait dengan Perlindungan Anak.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00