• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

KP Buka Pendaftaran Calon Ketum, Waketum dan Exco PSSI

12 September
22:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Komite Pemilihan (KP) Kongres PSSI telah membuka pendaftaran calon ketua umum (Ketum), wakil ketua umum (waketum) dan Anggota Eksekutif (Exco) PSSI periode 2019-2023, pada Kamis (12/9/2019). 

Menurut Ketua KP Kongres PSSI, Syarif Bastaman waktu pendaftaran tersebut akan berakhir pada 3 Oktober 2019. mendatang. Sedangkan, pemberitahuan kekurangan dokumen pencalonan akan dilaksanakan pada tanggal 30 September sampai 6 Oktober 2019. 

"Nantinya batas kandidat untuk melengkapi dokumen diberi waktu pada 1 hingga 8 Oktober. Setelahnya, kami akan mengumumkan kandidat sementara pada 9 sampai 13 Oktober," ungkap Syarif kepada wartawan di Garuda Store, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). 

Lebih lanjut, Syarif mengatakan bahwa selanjutnya pihaknya akan memberikan waktu untun para calon mengajukan banding kepada Komite Banding Pemilihan (KBP) jika berkas mereka tidak sesuai dengan syarat yang ditetapkan. 

"Kami memberikan waktu banding untuk para kandidat pada 10 sampai 16 Oktober 2019. Pengumuman hasil banding akan dilaksanakan pada 18 Oktober 2019. Dengan adanya keputusan KBP maka sudah final. Pemberitahuan kepada anggota pada 23 Oktober," tuturnya. 

Setelah itu, menurut Syarif pihaknya akan memberikan kesempatan para calon untuk melakukan kampanye. Adapun periode kampanye diberikan pada 24-31 Oktober 2019.

Selain itu, Syarif mengatakan, KP Kongres PSSI juga menetapkan beberapa syarat dasar kepada para bakal calon, diantaranya setiap calon harus bersedia menandatangani surat pernyataan untuk mengikuti prosedur integrity check sesuai statuta dan kode pemilihan PSSI serta mengikuti prosedur sosialisasi PSSI yang telah ditetapkan oleh Komite Pemilihan dan Komite Banding.

Bakal calon minimal berusia 30 tahun pada tanggal 2 November 2019, memiliki pengalaman 5 tahun berturut-turut atau tidak dengan penegasan mengelola sepak bola di anggota PSSI, aktif di sepak bola Indonesia dengan bukti surat dukungan atau rekomendasi anggota PSSI yang ditandatangani pihak berwenang dan disepakati internal anggota PSSI.

Bakal calon juga harus memiliki  pengetahuan akan tata kelola sepak bola (football governance) dan hukum sepak bola (football laws) serta memiliki pengalaman dalam posisi strategis/pengambil keputusan baik di pemerintahan ataupun swasta.

Di samping itu bakal calon juga haru memahami, menyetujui, memiliki kemampuan, kecakapan untuk menyukseskan dan mengembangkan program PSSI sejalan dengan program FIFA dan AFC.

"Sedangkan, persyaratan individu ada delapan lampiran yang harus dilengkapi yakni pas foto berwarna back ground biru (4x6) 4 lembar, curriculum vitae (cv) yang menyatakan 5 tahun aktif  di sepak bola, surat keterangan dari anggota PSSI terkait untuk setiap pengalaman yang dicantumkan," jelasnya. 

"Selanjutnya, bakal calon juga harus melengkapi dengan foto copy KTP atau identitas diri lainnya, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), surat keterangan tidak pernah dipidana dari pengadilan negeri setempat, surat hasil pemeriksaan integritas dari Komite Disiplin PSSI dan Formulir A-2," tuntasnya. 

Setelah hal tersebut terselesaikan, bakal calon berhak untuk ikut dalam perebutan kursi nomor satu serta kepengurusan PSSI periode 2019-2023 dalam Kongres PSSI yang bakal digelar di Jakarta, 2 November 2019, mendatang. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00