• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Fak Fak, Sorong dan Manokwari sudah kondusif

12 September
22:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Manokwari : Senyum Naomi Demi (28) warga pegunungan Arfak, Papua Barat tak pernah lepas dari bibirnya, terutama saat dia tengah melayani pembeli.  Sambil mulutnya terus mengunyah pinang, yang menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat Papua, tangan Naomi cekatan menata sayur mayur hasil kebunnya yang dijual di Pasar Wosi, Manokwari.

Pasca aksi unjuk rasa yang berbuntut kerusuhan di Manokwari, Naomi praktis tidak bisa berjualan. Selain takut kerusuhan, tak ada angkutan umum yang beroperasi untuk membawanya ke kota Manokwari dari desanya yang berada di kawasan pegunungan Arfak.

"Rugi saya, banyak sayuran saya yang busuk, karena tak bisa dibawa ke kota. Takut rusuh dan nggak ada mobil juga," kata Naomi saat ditemui di pasar Wosi, Kamis (12/9/2019).

Tapi sudah dua hari ini, dia bisa tenang berjualan."Ya karena sudah aman, banyak polisi yang berjaga. Apalagi mata pencaharian saya kan hanya dari jualan hasil kebun saja," tambahnya.

Hal yang sama diakui Nurma, warga kota Manokwari, yang mengaku memilih untuk berdiam dirumah pasca kerusuhan. "Nggak berani keluar, apalagi motor saya sempat mau dirusak perusuh. Tapi sekarang sudah aman, saya sudah berani ke pasar untuk belanja atau nganter anak," katanya.

"Mudah-mudahan  Papua aman terus, dan kerusuhan kemarin tidak terjadi lagi. Karena kalau aman kan kita masyarakat enak dan bebas mau kemana-mana," lanjutnya.

Sementara itu aktivitas belajar mengajar di sekolah juga tetap berjalan seperti biasa. Memang, saat kerusuhan terjadi, para pelajar sempat dipulangkan lebih cepat. 

"Tapi besoknya kita sudah masuk sekolah lagi seperti biasa. Memang awalnya sempat takut, tapi sesuai arahan guru, kita tidak terpengaruh kok," ujar Edison Wenda, pelajar SMAN 2 Manokwari.

Pengakuan warga kota Manokwari ini sejalan dengan yang dikatakan Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Herry Rudolf Nahak.

"Papua Barat sampai saat ini aman terkendali. Fak Fak, Sorong dan Manokwari semuanya sudah kondusif. Jadi seluruh Papua Barat sudah kondusif," kata Nahak.

Meski begitu, status siaga 1 di Papua Barat belum akan diturunkan.

"Kita lihat situasi dulu ya, kalau sudah benar-benar stabil ya bisa saja.

Mudah-mudahan dalam waktu dekat status ini bisa kita turunkan," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00