• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Sosialisasi Pencegahan Korupsi Cocok untuk Anak TK

12 September
19:07 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Haryono Umar mengakui upaya pencegahan yang dilakukan oleh lembaga yang pernah dipimpinnya itu masih ada kekurangan atau jauh panggang dari api.

Dia bahkan menilai upaya pencegahan dengan jalan sosialisasi seperti yang banyak dilakukan KPK selama ini hanya cocok untuk anak di bawah umur, bahkan anak TK.

Pasalnya menurut dia, hingga saat ini masih banyak pejabat, baik itu gubernur, bupati, wali kota hingga pejabat di pusat, seperti pejabat kementerian, BUMN dan lain-lain masih saja tersangkut kasus korupsi.

"Memang ada kekurangan dalam proses pemberantasan korupsi (pencegahan). Karena yang namanya pemberantasan korupsi itukan ada dua. Yaitu penindakan dan pencegahan," aku Haryono saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Kamis (12/9/2019).

Terkait pencegahan, Ketua KPK Agus Raharjo pernah menyatakan kalau upaya yang dilakukan pihaknya sebenarnya tak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, upaya pencegahan yang mereka lakukan sudah mampu menyelamatkan banyak uang negara. Hanya saja, upaya pencegahan kebanyakan tak di blow up media massa karena dianggap kurang seksi. 

Terkait itu, Haryono Umar tak setuju. Karena menurut dia, KPK harusnya sudah bisa memetakan potensi terjadinya korupsi di lembaga kementerian dan lainnya. Konkretnya, KPK mestinya bisa menelisik tentang itu dari perencanaan, penganggaran hingga pelaksanaannya.

"Kalau kita lihat modus-modus dari kasus yang sudah terjadi, mulai dari perencanaan itu sudah terjadi deal-deal. Bahkan sudah ada suap-menyuap seperti kasus Damayanti di Komisi V dengan PUPR itukan terjadi," imbuhnya.

Upaya pencegahan yang sering dilakukan oleh KPK selama inipun dinilainya hanya cocok untuk anak TK. 

"Jadi artinya harusnya pencegahan disitu, bisa menghentikan dan menyetop langkah-langkah kemungkinan terjadinya korupsi, bukan dengan umpamanya melakukan sosialisasi, fakta integritas, segala macam, kalau itu cocok untuk anak-anak masih sekolah, TK, SD dan macam-macam," pungkasnya. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00