• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Atasi Kekeringan, BPBD Lebak Salurkan 24.000 Liter Air Per Hari

12 September
16:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lebak : Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat terus memberikan bantuan air bersih ke sejumlah kecamatan di selatan Kabupaten Lebak yang dilanda kekeringan parah akibat kemarau panjang. Setiap harinya, BPBD menyalurkan bantuan lebih dari 24.000 liter air.

Kepala BPBD Lebak, Kaprawi menjelaskan, sebagian besar pendistribusian bantuan air bersih itu diarahkan ke wilayah selatan. Namun diakuinya kondisi itu cukup menyulitkan petugas dalam menyalurkan bantuan air bersih. 

"Sebab BPBD hanya memiliki tiga angkutan mobil tangki dengan masing-masing berkapasitas 6,000 liter," ujar Kaprawi saat dihubungi melalui sambungan seluler, Kamis (12/9/2019).

Apalagi kata dia, kini dampak kemarau makin meluas karena dirasakan disekitar 16 kecamatan di Kabupaten Lebak. Diantaranya Kecamatan Maja, Curugbitung, Kalanganyar, Cipanas, Bayah, Cibadak, Cimarga, Malingping, Wanasalam, Cihara dan Cilograng.

"Dalam sehari hampir 4 kali angkut dengan kapasitas 6,000 liter. Karena kita eksekusi sebagian besar di wilayah selatan," jelasnya.

Akan tetapi Kaprawi menerangkan, kekeringan tersebut tidak merata disemua desa di kecamatan. Apalagi informasi terkait potensi kemarau panjang sudah disampaikan sejak 2018 lalu, sehingga pemerintah sudah mengambil beberapa langkah antisipasi. 

"Kami sudah ancang-ancang menghadapi kekeringan, karena informasinya sudah disampaikan sejak tahun 2018. Jangka panjang sudah dilakukan dengan membangun sumur bor dibeberapa daerah," bebernya.

Kemudian dalam mengatasi kekeringan, BPBD juga intens melakukan koordinasi dengam berbagai pihak untuk ikut membantu. "Kami bekerja sama dengan Baznas, Polda Banten, Polres, TNI, dan tentunya PDAM," sambung Kaprawi.

Dirinya memprediksi, kekeringan masih akan dirasakan oleh sebagian masyarakat Lebak hingga Oktober mendatang. Oleh karena itu Kaprawi mengimbau masyarakat agar lebih bijak menggunakan air. 

"Sekarang kami imbau kepada masyarakat agar lebih bijak menggunakan air. Kalau merasa kesulitan air, bisa mengajukan permohonan bantuan ke BPBD," pesannya.

  • Tentang Penulis

    Dendy Fachreinsyah

    Reporter di Stasiun Produksi RRI Banten. Penganut seni berdistorsi.

  • Tentang Editor

    Heri Firmansyah

    Redaktur RRI-Online

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00