• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Ratusan Mahasiswa Sampaikan Orasi Keprihatian Terkait Wacana Pembahasan RUU KPK

12 September
16:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Penasehat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Tsani Annafari bersama penyidik senior KPK Novel Baswedan sore ini menemui ratusan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi masih melakukan aksi damai menolak RUU KPK di Gedung KPK Jakarta, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Pusat.

Tsani menjelaskan didepam mahasiswa bahwa saat ini bisa dikatakan merupakan periode tersulit yang pernah dialami KPK semenjak lembaga “anti rasuah” itu didirikan pada 2003. Menurut Tsani KPK berpotensi dilemahkan dari 2 sisi.

"Kita memang sedang menghadapi periode paling sulit. Saya mempelajari periode KPK tetapi ini paling sulit karena KPK dilemahkan dari dua sisi yang utama. Pertama secara kelembagaan, melalui revisi Undang-undang KPK, lembaga kita dilemahkan kemudian juga tata kelola organisasi ini dilemahkan dengan cara yang sangat sistematis,” kata Tsani di Gedung KPK Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Sementara itu, aksi damai yang dilakukan mahasiswa tersebut masing-masing berasal dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Trisakti, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Negeri Gajah Mada (UGM) Mereka membawa spanduk dan poster yang menyatakan penolakan terhadap Revisi Undang-Undang (RUU) KPK.

Dalam waktu yang bersamaan Novel Baswedan menyampaikan orasinya di depan para mahasiswa. Novel berharap upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK perlu terus di dukung.

“Kita tahu bahwa segala upaya yang dilakukan belakang ini dilakukan upaya memutar balikkan fakta, tapi kita harus sadar bahwa kepentingan rakyat Indonesia adalah kepentingan yang sangat mendasar, sehingga kita ketika berjuang untuk mendukung KPK, mendukung pemberantas korupsi adalah suatu hal yang layak untuk diperjuangkan,” pungkas Novel Baswedan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00