• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dorong Warga Peduli Kebersihan Laut dan Pantai, UPP Baubau Gelar Aksi Bersih

12 September
15:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Baubau : Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan(UPP) Kelas 1 Baubau bersama Pemerintah Kota Baubau serta seluruh unsur maritime dan masyarakat melakukan aksi bersih laut dan pantai di Pelabuhan Murhum, Pantai Kamali dan kota mara, pada Kamis (12/9/2019).

“Kegiatan hari ini kita bagi tiga lokasi yang diikuti kurang lebih 850 orang,” kata Kepala Kantor UPP Baubau, Pradigdo kepada RRI.

Ia mengungkapkan kegiatan ini diinisiasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan(Kemenhub) dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional 17 September.

Kegiatan ini juga lanjut Pardigdo, dilakukan serentak di seluruh pelabuhan di Indonesia, yang dilatarbelakangi adanya fakta bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia.

Karena itu dirinya berharap melalui kegiatan ini dapat mendorong kesadaran warga untuk selalu menjaga kebersihan laut dan pantai dari sampah plastic. Pihaknya pun akan terus mempertahan kegiatan seperti ini.

“Kami UPP Baubau akan pertahankan dan tingkatkan lagi kegiatan ini. Karena sampah ini kan hari ini bersih, mungkin besok kotor lagi. Jadi kami akan rutin melakukan pengambilan sampah utamanya di laut pelabuhan Murhum ini,” kata Pradigdo kepada RRI.

Sementara itu, Sekda Baubau, Roni Muhtar mengatakan Pemkot Baubau sangat mendukung kegiatan aksi bersih laut dan pantai ini, terbukti dengan pelibatan ASN turut serta dalam kegiatan.

Ditambahkan Roni Muhtar, dalam upaya mengurangi sampah plastik, Pemkot Baubau juga telah memberlakukan pengurangan penggunaan alat minum dan makan yang berbungkus plastic dalam setiap acara yang digelar pemkot.

“Jadi memang harus kita semarakkan semangat untuk membatasi penggunaan plastic dalam aktifitas hidup kita, supaya lingkungan kita lebih sehat,” pungkasnya.

Kegiatan aksi bersih laut yang diinisiasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub ini juga berhasil memecahkan rekor muri dengan keikutsertaan pelabuhan terbanyak dengan total 228 pelabuhan.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00