• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

59 Ton Bawang Merah Impor Dan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan

12 September
15:22 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Lhokseumawe Kamis (12/09/19) memusnahkan 59 ton bawang merah impor ilegal 359.852 batang rokok ilegal.

Untuk bawang merah yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan petugas terhadap dua kapal yaitu eks KM. CHANTIKA GT. 53 No. 972/QQB berbendera Indonesia dan KM. ALIF GT. 25 No. 385/QQM berbendera Indonesia dipesisir timur Sumtera tepatnya diperairan Jambo Aye Aceh Utara.

Kepada awak media Kepala Kantor Wilayah DJBC Aceh Safuadi dikomplek pelabuhan umum Krueng Geukuh Kecamatan Dewantara Aceh Utara usai acara pemusnahan puluhan ton bawang merah seludupan dan rokok ilegal itu membenarkan dan menjelaskan.

“Kerugian yang ditimbulkan atas impor bawang merah ilegal serta barang milik negara eks kepabean dan cukai ini berupa kerugian materil dan imateril, untuk kerugian materil akibat dari potensi penerima negara yang tidak tertagih mencapai Rp. 797.293.831 dan  sementara untuk kerugian imateril karena bawang impor ilegal dapat membahayakan kesehatan konsumen jika beredar, maka karena itu kita musnahkan”, jelas Kakanwil DJBC Aceh Safuadi.

Lebih lanjut dikatan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Aceh Safuadi kegiatan pemusnahan tersebut merupakan salah satu langkah untuk melakukan perlindungan kepada masayrakat dari masuknya barang impor ilegal serta peredaran rokok ilegal.

“Kita Bea cukai senantiasa berperan aktif melakukan pengawasan dititik masuknya barang impor. Dalam priode tahun 2017 s.d 2019 Bea cukai Lhokseumawe telah melakukan penindakan terhadap rokok ilegal yang beredar diwilayah pengawasan bea cukai Lhokseumawe”, ujarnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00