• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Penuh Sampah, KSOP Kalianget Bersihkan Pantai dan Laut

12 September
11:19 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sumenep : Indonesia yang menjadi negara penyumbang sampah plastik terbesar ke dua di dunia terus mendapatkan perhatian dari Pemerintah.

Rangkaian Hari Perhubungan Nasional tahun 2019, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kalianget mengelar kegiatan membersihkan sampah di pantai dan laut, Kamis (12/9/2019) pagi.

Dengan melibatkan ratusan orang dari pihak rekanan dan Pemerintah Daerah, pembersihan sampah di fokuskan pada kawasan pelabuhan.

Kepala KSOP Kelas IV Kalianget Supriyanto menjelaskan, sampai sekarang kondisi pantai termasuk pelabuhan masih kotor dengan sampah khususnya plastik.

"Kita ketahui sampah masih banyak disini (Palabuhan) makanya kita lakukan pembersihan, setidaknya masyarakat sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan," kata Supriyanto di Pelabuhan Kalianget, Kamis (12/9/2019).

Mayoritas sampah tersebut berasal dari limbah rumah tangga dan itu harus mendapatkan penanganan serius.

"Sebelumnya kita juga telah lakukan kegiatan serupa. Sekarang kita lakukan lagi dengan melibatkan para operator kapal dan Pemerintah Daerah," imbuhnya.

Sementara Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas Kelautan Kabupaten Sumenep Sarkawi menyebutkan, banyaknya sampah di pantai Kalianget menandakan bahwa kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan masih rendah.

"Pantai masih menjadi tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. Makanya kita kali ini juga terlibat dalam pembersihan dan ini menjadi bentuk sosialisasi juga," jelas Sarkawi.

Dalam penanganan sampah yang perlu dirubah ialah cara pandang warga sehingga tidak membiasakan membuang sampah di sembarang tempat terutama kawasan pantai.

"Paling banyak sampah rumah tangga terutama plastik. Kalau dari kita rencana akan menggunakan alat berat agar pembersihan lebih maksimal," ucapnya disela-sela kegiatan memberihkan sampah.

Banyaknya sampah di kawasan pantai Kecamatan Kalianget, KSOP mengagendakan membersihkan sampah di pantai dan laut sebagai agenda rutin.

Dengan upaya ini Pemerintah Daerah diminta lebih maksimal dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga dapat membiasakan diri tidak membuang sampah sembarangan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00