• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Rusuh Papua, Ketua KNPB Mimika Ditangkap Bersama Dua Rekannya

12 September
10:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Aparat gabung TNI-Polri melakukan penangkapan terhadap Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mimika, Steven Itlay. Steven ditangkap polisi terkait unjukrasa yang berujung kericuhan di Papua pada 29 Agustus 2019. 

"Saat ini, pelaku sedang didalami perannya dalam kerusuhan di Jayapura dan beberapa wilayah di Papua," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Polisi menangkap Steven pada kemarin (11/9) sore, pukul 17.56 WIT di gerbang Universitas Cendrawasih. Selain Steven, polisi juga mengamankan dua orang saksi lainnya.

Steven diketahui membantu mengatur pergerakan KNPB Mimika dan Sentani untuk berunjuk rasa. Steven juga mengirimkan instruksi ke seluruh pimpinan KNPB wilayah untuk beraksi.

Tidak hanya itu, Steven melakukan kontak komunikasi dengan Benny Wenda, tokoh Organisasi Papua Merdeka yang saat ini berada di luar negeri. 

"Diduga terkoneksi dengan BW (Benny Wenda)," sambung Dedi.

Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja menyebut peran Steven cukup penting pada kerusuhan 29 Agustus lalu.

Ia dianggap membantu Agus Kosay, Ketua KNPB mengecek kesiapan KNPB wilayah.

Selain Steven Itlay, dalam penangkapan di depan gerbang Universitas Cenderawasih tersebut, aparat gabungan juga mengamankan Aris Wenda dan Yulubanus Damai W Kogoya sebagai saksi.

Dari tiga orang itu, petugas mendapatkan barang bukti berupa 4 unit ponsel, uang tunai Rp. 5,5 juta, 1 flash disk dan 1 mobil yang digunakan tersangka.

Saat ini, Steven dan kedua rekannya sedang menjalani pemeriksaan di Mako Brimob Papua. "Yang bersangkutan sedang diperiksa," ujar Rudolf.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00