• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Diduga Hubungan Arus Pendek, 10 Rumah di Bima Terbakar

12 September
09:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bima : Diduga akibat konsleting listrik, 10 rumah di desa Ngali Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, ludes dilalap si jago merah.

Kapolres Bima, AKBP Bagus Satrio Wibowo melalui Kasub bag Humas, Iptu Hanafi mengatakan, saat ini pihaknya sedang menunggu hasil Labfor, untuk memastikan penyebab kebakaran tersebut.

Dari hasil pemeriksaan sementara, api berasal dari rumah Yasmin, warga Desa Ngali Kecamatan Belo. Angin yang besar dan ditambah lagi lokasi yang berdekatan, api yang mulai membesar itu sulit dikendalikan. Akibatnya, kobaran api itu merember ke rumah-rumah sekitar, yang terbuat dari papan kayu.

“3 rumah terbakar hangus tidak berhasil diselamatkan, 3 rumah rusak berat dan 4 rumah rusak ringan,” katanya, Kamis (12/9/2019).

Dalam kejadian tersebut, dilaporkan adanya korban jiwa, namun hasil pemeriksaan sementara, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Api yang berkobar mulai pukul 10.15 wita itu, hanya dipadamkan dengan alat seadanya oleh anggota POlsek Belo dibantu anggota TNI dari Pos Ramil Belo serta masyarakat.

Namun karena rata-rata rumah adalah rumah panggung serta menggunakan alat seadanya, api sulit dikendalikan.

“Selang satu jam setelah kebakaran, satu unit mobil Pemadam Kebakaran Milik Pemkab Bima, berhasil melakukan pemadamam,” tambahnya. 

Kapolres Bima menghimbau kepada warga masyarakat, waspada dan tetap mengatisipasi hal serupa terjadi. Uuntuk menghindari kejadian serupa agar selalu memperhatikan dan pastikan api kompor sudah padam  ketika meninggalkan rumah.

“Yang terpenting, koordinasi dan melaporkan kepada PLN setempat untuk mengganti instalasi listrik  bilamana ada gangguan atau rusak,” himbaunya.

Selain 10 rumah panggung, api yang melalap rumah warga itu juga melalap beberapa unit kendaraan bermotor, barang-barang elektronik dan hasil panen warga yang disimpan di sekitar rumah korban kebakaran.

  • Tentang Penulis

    Mujtahidin

    Reporter RRI / KBRN wilayah Bima, Dompu dan Kota Bima, NTB.// WA:0813-5362-5075// email:mujtahidin@rri.co.id.// didin74dompu@gmail.com// twitter//: @didin_rri// Telegram : @didin_rri_Mataram.//

  • Tentang Editor

    Anik Hasanah

    Editor RRI Bandung

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00