• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Kangen, Almarhum Habibie Pernah Minta Diantarkan Ke Patung Ainun di Tengah Malam

11 September
22:08 2019
4 Votes (4.8)

KBRN, Jakarta : Cinta almarhum Presiden RI ke-3, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie terhadap istrinya, Ainun Habibie yang lebih dulu meninggal dunia sangat mendalam. Buktinya, saat meresmikan Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun di Lapangan Andi Makkasau, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan pada tahun 2015 lalu, Habibie sempat berlinang air mata.

Fakta terkait itu diungkapkan oleh salah satu orang dekat Habibie yang juga Wali Kota Parepare, Taufan Pawe. 

"Waktu diresmikan, Pak Habibie mengelilingi Monumen Cinta Habibie itu, dia menatap patung dari Ibu Ainun Habibie, dan saya lihat betul air matanya menetes," kenang Taufan saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Rabu (11/9/2019).

Monumen tersebut dibuat untuk menginspirasi warga Parepare. Selain itu Monumen Cinta sejati Ainun Habibie ini juga merupakan kado pernikahan untuk Habibie dan Ainun. Peresmiannya pun bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun pernikahan Habibie - Ainun yang ke-53, 12 Mei 2015 lalu.

Tak hanya meneteskan air mata saat acara peresmian monumen, sesampainya di penginapan, Habibie pun masih saja ingin menatap wajah Ainun, meski hanya melalui media patung. Kejadian itu bahkan terjadi pada tengah malam waktu setempat, pukul 01.15 WITA.

Taufan bercerita, saat itu dirinya tengah tertidur pulas, namun dia dibangunkan oleh salah seorang anggota Paspampres yang menjaga Habibie. Setelah terbangun, Habibie meminta Taufan untuk mengantarkannya ke Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun.

"Saya bangun, beliau katakan Taufan, saya mau pergi ketemu Ainun. Saya kaget juga. Apa maksudnya beliau ini. Dia bilang mirip sekali dengan Ainun. "Ainun tadi tersenyum dengan saya". Padahal ini hanya sosok patung," kenang Taufan lagi.

Namun demikian, lanjut Taufan, saat itu, dengan alasan keamanan, Paspampres yang tengah berjaga tidak mengizinkan Habibie untuk pergi menemui Ainun. Mereka baru diizinkan pergi kesana setelah Shalat Subuh.

"Dengan singkat cerita dia bilang sama saya, Taufan, saya mau kesana setelah Sholat Subuh. Setelah Sholat Subuh, dengan ditemani Paspampres beliau kesana. Beliau menatap terus patung itu," pungkas Taufan.

Perlu diketahui, tepat pukul 18.05 WIB tadi, Habibie menghembus nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta Pusat. 

Begawan riset dan teknologi itu kali ini pergi untuk benar-benar menemui istri tercintanya Ainun di Surga, bukan sekedar menatap wajah patung Ainun di Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun lagi. (Foto: Ist)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00