• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Kabut Asap Level Tidak Sehat, Bupati Kubu Raya Instruksikan Sekolah Libur

11 September
20:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kubu Raya : Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) mengintruksikan agar sekolah di Daerah ini meliburkan siswanya. Langkah ini dilakukan dikarenakan kondisi udara di Daerah itu sudah memasuki level tidak sehat dan diselimuti kabut asap.

Instruksi ini juga berdasarkan Surat Edaran Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H Nomor 420/1809/Dikbud-A/2019 tentang Libur Terkait Keadaan Cuaca/Kabut Asap yang ditujukan ke Kepala/Pengelolah, SMP/SD/TK/PAUD boleh meliburkan aktivitas belajar di Sekolah pada hari Kamis dan Jum'at (tanggal 12 sampai 13 September 2019) dan peserta didik diarahkan untuk belajar di rumah masing-masing.

Surat Edaran tertanggal 11-September-2019 ini berisikan Berdasarkan hasil pemantauan Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pontianak pada hari ini Rabu (11/09/2019) pukul 10.00 Wiba tentang keadaan kabut asap yang sudah mencapai level kondisi tidak sehat.

Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H mengatakan. penentuan libur ini dilakukannya bukan tergesa-gesa karena dirinya harus melihat dulu hasil dari pantauan Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio dan Dinas Kesehatan yang mereferensikannya, karena saat ini kualitas udara sudah masuk pada kategori tidak sehat dan semoga kedepannya tidak terjadi peningkatan menjadi sangat tidak sehat dan berbahaya.

"Melihat kondisi asap yang semakin tebal saat ini, kita terpaksa meliburkan kegiatan belajar mengajar dari jenjang pendidikan PAUD hingga SMP yang menjadi kewenangan Dinas Pendidikan Kubu Raya dan kondisi ini berdasarkan prakiraan BMKG Supadio yang menyatakan kondisi cuaca sudah masuk kategori tidak sehat  dan juga merupakan referensi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya. Meski belum masuk kategori sangat parah, namun kita antisipasi dulu, khususnya bagi peserta didik yang memang rentan terserang penyakit Inpeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan Diare dengan kondisi kabut asap saat ini," ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H di ruang kerjanya, Rabu (11/09/2019).

Bupati Muda menjelaskan, untuk kegiatan belajar mengajar pada hari Sabtu tanggal 14 September 2019 masih menunggu perkembangan informasi selanjutnya dan diharapkan kondisi ini bisa menjadi perhatian bagi semua pihak.

Bupati Muda menuturkan, untuk mengantisipasi dan menekan jumlah kasus ISPA di wilayahnya, Dinas Kesehatan Kubu Raya juga telah melakukan Surveilans (Pemantauan Kasus) dan rencananya Kamis besok (12/09/2019) Dinas Kesehatan akan membagikan masker di sejumlah titik di antaranya:

1. Simpang empat Polda Kalbar yang dilakukan oleh Sekretariat dan Puskesmas Sungai Raya Dalam (Serdam). 

2. Simpang lampu merah asrama Gatot yang dilakukan Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) 

3. Tugu Dirgantara Nusantara (Lanud Supadio) yang dilakukan Puskesmas Sungai Durian 

4. Simpang depan Pondok Indah Lestari (PIL) yang dilakukan Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes)

6. Simpang Desa Kapur yang dilakukan Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P).

"Selain melibatkan Dinas Kesehatan dan Puskesmas, pembagian masker ini juga dilakukan sejumlah organisasi kemasyaraktan dan kader Bank Sampah yang menyesuaikan tempat dan waktunya," pungkasnya. 



  • Tentang Penulis

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

  • Tentang Editor

    Nugroho

    rri.co.id

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00