• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

RRI Miliki Peranan Penting di Masa Perjuangan

11 September
19:39 2019
1 Votes (1)

KBRN, Bukittinggi : Memperingati Hari Radio ke 74, seluruh stasiun RRI di Indonesia hari ini mengikuti serangkaian kegiatan, seperti halnya di RRI Bukittinggi, pagi tadi diawali dengan upacara bendera, dilanjutkan dengan penyulutan obor Tri Prasetya, yang diikuti dengan khidmat oleh seluruh angkasawan/angkasawati.

Wali Kota Bukittinggi diwakili Sekretaris Daerah Yuen Karnova, menyebutkan, peringatan ulang tahun adalah momen menghargai waktu. Momen itu harus diisi dengan tanggung jawab bagaimana memaknai waktu yang terus berjalan. Inilah yang telah dilaksanakan RRI. Kita telah membaca lintasan sejarah, kalau tidak ada RRI, sulit dibayangkan kalau kita bisa merdeka.

“Tanggal 11 September 1945, RRI telah bertekad dan menyuarakan tiga komitmen yaitu Tri Prasetya RRI, menyelamatkan segala alat siaran radio dari siapapun juga yang hendak menggunakan alat tersebut untuk menhancurkan negara kita, mengemudikan siaran RRI sebagai alat perjuangan dan alat revolusi seluruh bangsa indonesia, dengan jiwa kebangsaan yang murni, hati yang bersih dan jujur serta budi yang penuh kecintaan dan kesetiaan kepada tanah air dan bangsa, serta berdiri diatas segala aliran dan keyakinan partai atau golongan, dengan mengutamakan persatuan bangsa dan keselamatan negara, serta berpegang pada jiwa proklamasi 17 Agustus 1945,” jelasnya, Rabu (11/9/2019).

Menurut Yuen Karnova, kita boleh berbangga RRI bukittinggi termasuk pelaku sejarah yang ikut mengemudikan alat keluar masuk hutan demi perjuangan kemerdekaan. Dari bukittinggi melalui RRI Bukittinggi, diproklamirkan adanya republik indonesia. Agar Indonesia tetap mengudara melalui RRI.

“Mulai dari Koto Tinggi lewat Badar Alam sampai ke Sumpur Kudus. Dengan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI), Republik Indonesia tetap ada lewat suaranya di RRI, dan RRI telah mengambil peran yang besar dalam perjuangan kemerdekaan. Dengan perjuangan RRI kita tetap ada,” ulasnya.

Persoalannya sekarang sambung Yuen Karnova, bagaimana peran RRI dalam memantapkan generasi muda kedepan. Hari ini apapun yang diminati generasi muda, tidak saja berbasis produk tapi platform. RRI telah mengambil kesempatan itu dengan ikut berbentuk digital. Semoga RRI tetap jaya dan makin berkembang.

Sementara itu Kepala Stasiun RRI Bukittinggi, Lina Rossini, menyebutkan, dalam rangka memperingati hari radio ke 74 tahun 2019, RRI Bukittinggi menggelar sejumlah kegiatan dengan melibatkan pemerintah kota, organisasi, pensiunan, serta masyarakat.

“Diawali dengan perlombaan olahraga, napak tilas atau mengingat kembali sejarah perjuangan RRI Bukittinggi di Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Limapuluh Kota, kegiatan Indonesia Berdonor yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi, gerak jalan sehat bersama disabilitas yang diikuti ratusan kalangan difabel atau orang dengan kebutuhan khusus, serta anjangsana ke panti asuhan, dan rumah pensiunan rri yang berada dalam kondisi tidak sehat,” jelasnya.

Momen Hari Radio tahun ini sambung Lina Rossini, mengusung tema Untuk Indonesia Lebih Bertoleransi, keberadaan RRI dari waktu ke waktu terus berkembang pesat dalam mengikuti perubahan zaman, terkait perkembangan di bidang tekhnologi saat ini, RRI terus mengembangkan tekhnologinya yaitu 4.0.

“Hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dalam memberikan informasi hingga ke pelosok-pelosok maupun dunia internasioanal, dan dalam mengikuti kemajuan zaman dihadirkan digitalisasi di semua platform dalam sebuah aplikasi yang diberi nama RRIplay Go, dimana setiap orang dapat menggapai RRI hanya dengan aplikasi yang dirancang khusus untuk smart phone, yang tadi diluncurkan secara resmi oleh Direktur Utama RRI Bukittinggi M. Rohanudin,” terangnya,

Sebagai aplikasi resmi RRI tambah Lina Rossini, melalui RRIplay Go, masyarakat dapat mendengar, membaca, sekaligus menyaksikan seluruh wajah RRI dalam beragam pilihan seperti National Network (P3), Voice of Indonesia, Channel 5, RRI 30detik, RRI Radio dari Pro1, Pro2, Pro3 dan Pro4, beserta siaran seluruh stasiun di Indonesia. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00