• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

4 Hektar Hutan Produksi di Baubau Terbakar

11 September
19:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Baubau : Seluas 4 hektar kawasan hutan produksi yang berada di Samparona, Kelurahan Kaisabu, Kecamatan Sorawolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), terbakar.

Api yang melalap kebanyakan rerumputan dan ranting pohon ini terjadi sejak Selasa(10/9/2019) petang dan baru bisa dipadamkan pada Rabu (11/9/2019) siang, sekitar pukul 14.00 Wita.

"Pemicu kebakaran ini kami belum bisa pastikan. Kami akan melakukan proses penyelidikan dulu," kata Kapolsek Sorawolio, Ipda Busrol Kamal kepada RRI ditemui di lokasi kejadian. 

Busrol mengungkapkan awalnya kebakaran ini diketahui pihaknya dari informasi warga. Dari informasi itu pihaknya kemudian menuju lokasi bersama warga untuk melakukan pemadaman dengan alat seadanya.

Namun kata Busrol, karena api tidak semuanya dapat dipadamkan sehingga terus membakar kawasan hutan hingga keesokan harinya. Total kawasan hutan terbakar mencapai empat hektar.

"Kami sebenarnya sudah melakukan pemadan kemarin, namun ternyata api ini masih ada," ungkapnya. 

Api baru bisa dipadamkan kata Busrol, setelah pihaknya bersama-sama lintas sektoral turun ke lokasi, mulai dari Pemadam Kebakaran, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Unit V Wakonti, Pemerintah Kecamatan, kelurahan serta dibantu masyarakat setempat. 

"Kami bergerak melakukan pemadaman ini sekitar jam 9 pagi. Total sekitar 4 hektar yang terbakar,"ucapnya. 

Ia mengatakan, dalam proses pemadaman tersebut, tim menemui kesulitan sebab mobil damkar tidak bisa masuk ke lokasi karena akses jalan tidak ada. 

"Sehingga menyikapi itu dengan ketersediaan pompa, maka kita cari titik-titik air terdekat untuk melakukan pemadaman. Karena mobil pemadam tidak bisa masuk," terangnya. 

Busrol menambahkan, pihaknya akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut. 

Seperti diketahui kawasan hutan produksi yang berada di Samparona ini banyak ditumbuhi pohon pinus.

Menurut Kasubag TU KPH Unit V Wakonti, Nurdin Mardan,  pohon pinus sendiri memiliki karakterisitik getah tertentu yang bila mengenai sumber api, bisa terbakar dengan cepat.

"Pinus ini kan memiliki getah yang bila kena letupan-letupam api bisa memicu kebakaran, "tandasnya. 

Nurdin menambahkan, pohon pinus sendiri yang ada di kawasan Sapamrona terhampar seluas 80 hektar. Sebagian kawasan hutan yang tumbuhi pohon pinus ini menjadi kawasan objek wisata alam di Baubau.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00