• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Kepala BPPT Ajak Insinyur Indonesia Lebih Berperan Aktif di era Revolusi Industri 4.0

11 September
17:54 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengajak para insinyur Indonesia untuk bersatu-padu dalam mendukung percepatan pembangunan nasional.

Ajakan tersebut disampaikan Hammam menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo saat membuka Conference of the ASEAN Federation of Engineering Organisations (CAFEO) ke-37 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (11/09/2019), bahwa situasi dunia yang tidak stabil dan tidak terduga sehingga Indonesia harus membentengi diri untuk menghadapi hal tersebut.

Menurut Hammam, untuk mewujudkan hal itu, diperlukan sertifikasi terkait kompetensi yang dimiliki oleh para insinyur tanah air.

"Sertifikasi ini penting, agar para insinyur kita lebih kompetitif, baik tingkat regional maupun global," katanya di Gedung BPPT, Jakarta, Rabu (11/9/2019) siang.

Hammam mengungkapkan perlu adanya program peningkatan kompetensi keinsinyuran secara masif. 

Sebagai contoh, ketika di banyak negara, contoh Inggris saat terjadi blackout atau listrik padam, hanya perlu waktu perbaikan selama dua jam, sedangkan di Indonesia memerlukan waktu perbaikan seharian.

"Kita ingin ada program peningkatan kompetensi keinsinyuran secara masif untuk mendukung industri 4.0, dan insinyur Indonesia harus diberi kesempatan," tambah dia.

Lebih lanjut, Hammam yang juga menjadi Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) itu menyebut pentingnya keterlibatan para insinyur dalam program strategis pemerintah.

"Misal dalam hal pembangunan infrastruktur 5G, pembuatan sensor-sensor untuk deteksi dini kebencanaan. Jadi nantinya produk yang lahir, merupakan karya insinyur kita sendiri, di situlah mestinya peran utama insinyur Indonesia," pungkasnya.

Seperti diketahui, CAFEO diinisiasi oleh ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO) dan PII.

CAFEO ini merupakan ajang himpunan para insinyur dari 10 negara ASEAN, dan kali ini digelar di Indonesia sebagai tuan rumah gelaran ke-37. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00