• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Eks Gubernur Aceh Abdullah Puteh Divonis 1,5 Tahun Penjara, Bagaimana Nasibnya ke Senayan?

11 September
17:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Mantan Gubernur Aceh Abdullah Puteh divonis 1,5 tahun penjara atas kasus penipuan terhadap seorang investor bernama Herry Laksmono. Pembacaan vonis berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa (10/9/2019).

Lalu bagaimana nasib Abdullah Puteh yang terpilih menjadi angota DPD RI pada Pemilu 2019 lalu ?

Ketua Komisi Data dan Informasi Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Agusni mengatakan, KIP Aceh masih menunggu keputusan inkrah karena Abdullah Puteh naik banding.

“Memang menyangkut dengan itu, kita sampai ingkrah kan, siapa tahu dia naik banding gitu kan,” kata Agusni di Banda Aceh, Rabu (11/9/2019).

Sejauh belum ada keputusan inkrah dari pangadilan, sebut Agusni, pihaknya belum bisa melakukan tindakan apapun.

“Sampai inkrah lah nanti,” tegasnya.

Menurut Agusni, secara kelengkapan administrasi, Gubernur Aceh yang menjabat pada priode 2000-2004 itu dinyatakan sudah lengkap. Pihaknya, juga belum mengambil sikap terkait pergantian Abdullah Puteh dengan calon anggota DPD lainya.

“Bagi kita KIP Aceh terhadap yang bersangkutan, sejauh memang secara kelengkapan administrasi sudah oke, ya sejauh itu pula tidak ada persoalan. Kalau kemudian dia sudah ada vonis yang sifatnya sudah ingkrah, ya baru nanti kita akan berkoordinasi kembali dengan KPU RI. Itu dari pusat nanti (keputusan),” jelas Agusni.

Abdullah Puteh dipastikan maju ke Senayan setelah terpilih menjadi anggota DPD RI priode 2019-2024. Namun menunggu detik-detik pelantikannya sebagai senator Aceh, justru Puteh terpaksa berurusan dengan hukum. Ia divonis 1,5 tahun penjara atas kasus penipuan.

Sebelumnya, Abdullah Puteh juga tersangkut masalah hukum karena terlibat kasus korupsi pada saat Ia menjabat sebagai Gubernur Aceh. Pengadilan menyatakan Puteh bersalah dan mendapat hukuman penjara di Rutan Salemba atas kasus korupsi pembelian dua helicopter senilai Rp 12,5 milliar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00