• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Margarito : Jokowi Jangan Ragu Revisi UU KPK

11 September
17:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis meminta Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) untuk menyetujui revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (RUU KPK). Pasalnya menurut dia, revisi undang-undang bagus untuk "menyehatkan" negara ini.

“Semua gagasan yang muncul menyertai revisi UU KPK, menurut saya masuk akal dari sisi tata negara. Sehingga, presiden tidak perlu ragu mengambil sikap melakukan perubahan UU KPK,” kata Margarito kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Ditekankanya revisi sebuah undang-undang merupakan sebuah keniscayaan, apalagi di beberapa pasal sebuah undang-undang ada unsur ketidakpastian. Makanya, jika sebuah undang-undang tidak direvisi, hal itu akan berdampak buruk. Bukan tidak mungkin akan melumpuhkan negara ini.

“Dengan membuat itu menjadi jelas (direvisi), maka itu sama nilainya dengan usaha untuk membuat menyehatkan negara,” tandasnya.

Lebih lanjut Margarito mengaku melihat ada unsur ketidakpastian dalam sejumlah pasal di UU KPK, misalnya terkait pencegahan, tidak dijelaskan secara terperinci bagaimana model pencegahan itu.

“Kenapa tipikal hukum pidana itu kepastian? Untuk menghindari tindakan suka-suka atau kesewenang-wenang. Pada titik itu, maka usaha untuk membuat ketidakpastian itu berubah menjadi pasti adalah hal yang imperatif dalam konteks negara hukum demokratis,” pungkasnya. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00