• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

BMKG Deteksi Titik Panas di Aceh

11 September
16:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh mendeteksi titik panas di Provinsi Aceh, Rabu (11/9/2019). 

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh Zakaria Ahmad mengatakan, ada satu titik panas yang terdeteksi di wilayah Kabupaten Subulussalam, Aceh. 

“Informasi sementara titik panas, terpantau 1 titik panas di Kecamatan Rundeng, kota Subulussalam, Aceh dengan tingkat kepercayaan 67 persen,” kata Zakaria. 

Zakaria menjelaskan, pemantauan titik panas ini berdasarkan sensor modis (satelit terra, aqua dan suomi NPP). 

Titik panas ini berdasarkan pantauan yang dilakukan BMKG sejak tanggal 11 September 2019 pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. 

Menurutnya, Provinsi Aceh saat ini masih dilanda musim panas sehingga sejumlah wilayah berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan. “Oleh sebab itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pembukaan lahan dengan cara membakar karena dikhawatirkan akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” imbau Zakaria. 

Berdasarkan pendataan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), pada bulan Juli 2019, kebakaran hutan dan lahan melanda sedikitnya di 12 kabupaten kota. Kebakaran terparah berada di Kabupaten Aceh Barat. Wilayah itu sudah diselimuti asap sehingga sehingga sudah mengganggu aktivitas masyarakat dan berdampak pada kesehatan. BNPB terpaksa mengerahkan helikopter water boobming untuk memadamkan api. Proses pemadaman berhasil dilakukan lewat udara dan juga berkat turunnya hujan di wilayah itu. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00