• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Guru Besar Anti Korupsi: Revisi UU KPK Tak Bisa Dilakukan Secepat Itu!

11 September
15:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Guru Besar Anti Korupsi Universitas Jenderal Soedirman, Prof. Dr. Hibnu Nugroho menegaskan, revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (RUU KPK) tak bisa dilakukan secara asal-asalan.

Menurut dia, revisi UU KPK belum saatnya dilakukan. Terlebih masa kerja Anggota DPR RI akan berakhir dalam waktu yang tidak lama lagi.

"Sementara ini memang iya, tapi belum saatnya ini. Tidak secepat ini," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Rabu (11/9/2019).

Karena menurut dia, membuat undang-undang itu harus menyangkut filosofi, spirit, yuridis. Untuk itu, DPR maupun pemerintah harus data sedetail mungkin.

"Sehingga undang-undang itu menjadi lebih baik, tidak asal jadi," tandasnya.

Meski demikian, diingatkannya, revisi UU KPK harus dikembalikan pada semangat pembentukan lembaga anti rasuah itu sendiri. Yakni sebagai lembaga yang punya kekhususan tersendiri di mata hukum, atau leg spesialis.

"Kalau menurut saya harus kembali pada ruh, sifat UU KPK. Kalau memang UU KPK ini ada kelemahannya, inilah yang kita proteksi ke depan untuk dilakukan suatu perbaikan. Perbaikan itu ga masalah, tapi kembali pada ruh, spirit undang-undang KPK," pungkasnya. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00