• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Dirut RRI Pimpin Langsung Penyulutan Obor Tri Prasetya RRI

11 September
13:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Direktur Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI), Mohammad Rohanudin memimpin langsung penyulutan Obor Tri Prasetya RRI pada HUT RRI Ke-74 pada Rabu, (11/9/2019). 

“Kobarkan terus kobaran-kobaran semangat angkasawan-angkasawati RRI. Sekali di udara tetap di udara,” Serunya setelah penyulutan Obor Tri Prasetya di Auditorium Abdurahman Saleh, RRI, Jakarta. 

Dalam kesempatan kali ini, ia berpidato mengenai kentongan yang menjadi simbol filosofis program penyelamat kehidupan manusia dari bencana. 

“Kentongan bukan hanya sekedar bambu. Kentongan terbuat dari bambu tapi suaranya telah menjadi kekayaan budaya dan kearifan lokal indonesia. Orang kampung membunyikannya sebagai kesepakatan tanda ada bencana,” ujarnya.

Kentongan sendiri, kata Dirut RRI, merupakan salah satu program yang sedang digiatkan oleh siaran-siaran di RRI.

“RRI membuat program yang kami sebut mitigasi bencana bertajuk 'Kentongan'. Kentongan adalah suatu cara agar masyarakat secara mandiri mengawas diri menyiapkan diri sebagai bangsa yang cerdas menjaga dirinya sendiri jauh sebelum bencana datang melanda kita,” paparnya.

Lebih lanjut, Rohanudin mengatakan jika secara filosofis kentongan dihadirkan oleh RRI, dikarenakan kentongan sudah melekat menjadi kearifan lokal Indonesia. Kentongan juga dikenal sebagai tanda pengingat dan nantinya program tersebut akan mengedukasi pendengar.

“Karena pemukul kentongan merepresentasikan keberagaman. Mulai dari rambut yang lurus, rambut ikal, kribo, kulit hitam, sawo matang, semua bersatu dalam ikatan irama yang sama,” katanya.

"Maka toleransi harus ditumbuh suburkan di negeri kita tercinta. Toleransi harus disuburkan dinegeri kita tercinta itulah mengapa tema hari radio tahun ini bertajuk Untuk Indonesia Bertoleransi," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00