• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Daerah Terdampak Kekeringan di Situbondo Meluas

11 September
12:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Situbondo: Daerah terdampak kekeringan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terus bertambah. Jika bulan lalu kekeringan melanda lima kecamatan, saat ini meluas menjadi enam kecamatan. 

"Suplai air yang kami berikan mulai bulan ini bertambah," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Gatot Trikorawan, saat dikonfirmasi RRI, Rabu (11/9/2019).

Gatot mengemukakan, dari tahun ke tahun, daerah terdampak kekeringan belum bisa diatasi. Masyarakat terdampak masih saja kekurangan air bersih saat memasuki musim kemarau. Seharusnya, dalam waktu dua tahun, daerah yang merupakan titik kekeringan, sudah bisa teratasi.

"Tupoksi BPBD kan hanya mensuplai air ketika ada daerah yang darurat kekeringan. Pelayanan droping air paling tidak dilakukan selama dua tahun, selanjutnya harus diatasi dinas terkait untuk dicarikan solusi," papar Gatot.

Namun pada faktanya, sesuai catatan BPBD setempat, dari tahun 2016 hingga tahun ini, daerah yang terdampak kekeringan masih saja terjadi di daerah yang sama, bahkan bertambah. 

Gatot mengapresiasi Desa Sopet Kecamatan Jangkar, yang mulai tahun ini sudah tidak mengajukan permohonan droping air bersih dikarenakan sudah dibangun sumur bor di kawasan tersebut.

"Desa Sopet menggunakan dana desa telah membuat sumur bor, sehingga air bersih sudah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat disana," tegasnya. 

Gatot berharap, dinas terkait mampu menjawab atau memberikan solusi mengatasi masalah kekeringan, semisal menggunakan pipanisasi, sumur bor, ataupun cara lainnya yang berdampak positif bagi masyarakat terdampak kekeringan.

"Harapannya, dua tahun ke depan daerah yang terdampak kekerigan sudah tuntas bisa diatasi oleh dinas terkait," tandas Gatot.

Catatan BPBD Situbondo, daerah terdampak kekeringan berada di enam kecamatan diantaranya, Kecamatan Banyuglugur Desa Kalisari yang berada di tiga dusun, diantaranya, Dusun Krajan, Secangan Barat dan Secangan Timur. 

Kecamatan Sumbermalang. Kekeringan terjadi di Desa Plalangan, meliputi dua dusun, yaitu Dusun Jambaran Barat dan Jambaran Timur. Kecamatan Mlandingan terdapat dua desa yaitu Desa Selomukti Dusun Juregen dan Desa Trebungan Dusun Trebungan Timur. 

Kecamatan Suboh Desa Gunung Putri di Dusun Krajan dan Dusun Sokaan Utara. Kecamatan Banyuputih Desa Sumberanyar Dusun Sekarputih, dan Kecamatan Arjasa Desa Jatisari Dusun Bendusa.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00