• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Blibli.com Dorong Merchant Makassar Kembangkan Usaha di Dunia Online

10 September
23:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Makassar : Mal online terdepan di Indonesia, Blibli.com, mendorong para pengusaha di Makassar agar semakin memanfaatkan platform e-commerce dalam pengembangan usaha dan memperluas pasar yang baru ke seluruh indonesia.

Riset dari Mckinsey memprediksi bahwa online commerce (perdagangan online) di Indonesia akan bertumbuh pesat, dimana belanja online akan bertumbuh dari senilai US$8 milyar di 2017 menjadi sebesar USS65 milyar di 2022.

Data dari We Are Social juga memperlihatkan jumlah pengguna internet terus bertumbuh yakni 13% dari tahun ke tahun pada Januari 2019, dimana angka pengguna mencapai setidaknya 150 juta jiwa.

"Pertumbuhan pengguna internet dan kebiasaan berbelanja online yang semakin kuat adalah tren-tren
yang harus dimanfaatkan oleh para merchant (pelaku bisnis) di Makassar dalam mengembangkan usaha mereka, kata Senior Merchandising Manager Blibli.com, Eddy Lukita, Selasa (10/9/2019).

Lebih gamblang Eddy mengatakan dalam membantu merchant, Blibli.com menyediakan layanan yang komplit dan infrastruktur yang esensial dalam menjalankan bisnis online.

"Sejak tahun 2011, Blibli.com terus melakukan ekspansi dan memperkuat ekosistem miliknya yang mencakup metode pembayaran lengkap, intrastruktur logistik serta warehouse dan fitur yang memanfaatkan kanal penjualan online dan offline, atau omnichannel", kata Eddy.

Salah satu fitur utama di ekosistem Blibli.com adalah Merchant Tool Application (MTA), yaitu aplikasi yang disediakan bagi para merchant Blibli.com. Menggunakan teknologi big data, MTA menganalisa data milik para merchant agar mereka bisa mengoptimalkan penjualan, mulai dari menambah rangkaian produk mereka yang tampil di toko Blibli.com hingga membagikan voucher ke pelanggan dengan potensi berbelanja yang tinggi.

Selain itu, Blibli.com juga menghadirkan Fulfillment By Bibli' (FBB), yaitu jaringan warehouse milik Blibli.com yang akan menoparng pengoperasian suppiy choin para merchont, termasuk pengepakan dan pengiriman produk yang dipesan online. Blibli.com menargetkan untuk memiliki 20 warehouse di seluruh Indonesia pada 2019, di mana empat berlokasi di luar Jawa.

"Solusi fulfiliment memungkinkan merchant menghemat biaya operasional karena tidak perlu mengalokasikan investasi tambahan terkait biaya warehousing," ujar Eddy.

Terakhir, Blibli.com menyediakan Blibli Express Service (BES), yaitu fleet logistik yang dikelola sendiri. Dengan BES, para merchant Blibli.com aapat mengirimkan paket dengan cepat ke pelanggan di seluruh Indonesia karena hadirnya hub dan mobile hub. Tahun ini, Blibli.com menargetkan ekspansi infrastruktur menjadi 32 hub dan mobile hub, di mana empat berlokasi di luar Jawa.

"BES melayani pengiriman same day, reguler, express dan cash on delivery (COD), dengan tambahan Special handling untuk makanan beku dan segar serta barang luxury", tambah Eddy.

Untuk memudahkan transaksi, Blibli.com juga bekerjasama dengan berbagai bank dan layanan keuangan untuk menghadirkan metode pembayaran, yang saat ini paling lengkap, agar merchant bisa menerima transaksi dari pelanggan dengan mudah.

"Semua fasilitas ini, kami hadirkan agar merchant bisa fokus ke pengembangan bisnis mereka karena Blibli.com yang akan membantu menjalankan berbagai proses operasional baik offline maupun online," pungkas Eddy.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00