• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Meriahkan Tahun Baru Islam, Banyuwangi Gelar Festival Muharam

10 September
22:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banyuwangi : Memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, Banyuwangi menggelar Festival Muharam, yang dimeriahkan beragam kesenian bernuasa Islami. Mengawali Festival Muharaam ribaun siswa dari berbagai penjuru Banyuwangi, mengikuti pawao Ta'aruf, yang dilaksanakan di Gedung Seni Budaya (Gesibu) Blambangan, Selasa (10/9/2019).

Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko mengatakan, pawai ini merupakan ajang positif yang bisa memperkuat persaudaraan sesama muslim. Selain juga sebagai syiar Islam yang merupakan agama yang toleran, damai dan aman.

“Dengan berkumpul dan melakukan pawai bersama, ukuwah islamiyah kita akan semakin kuat. Kegiatan semacam ini harus terus dilakukan agar umat muslim di Banyuwangi semakin kompak dan menjunjung tinggi sikap menghormati terhadap agama lain,” ujar wabup Yusuf, Selasa (10/9/2019) .

Riskina (9) diantaranya. Salah satu peserta dari khafilah Kecamatan Banyuwangi ini mengaku senang bisa menjadi peserta pawai. “Bangga bisa mewakili sekolah tampil di festival ini, apalagi ini Bulan Muharam senang sekali bisa memperingatinya dengan cara yang berbeda,” kata Kina.

Pawai taaruf ini diikuti 4000 peserta dari MI yang ada di 25 kecamatan se-Banyuwangi. Masing-masing kecamatan mengirimkan satu kafilah atau grup. Mereka pawai mengelilingi kota Banyuwangi sejauh 3,5 kilometer start dari depan Gesibu tepat pukul 15.00 WIB dan finish di depan kantor Pemkab Banyuwangi.

Mereka tampil keren dengan kostum dan asesoris yang bernuansa islami. Salah satunya, replika ka’bah raksasa. Pawai ini semakin meriah dengan hadirnya 50 unit drumband yang mengiringi setiap kafilah. Ditambah lagi penampilan drama kolosal dan satu unit drumband etnik yang tampil membuka acara.

Selain Festival Muharam dengan pawai taarufnya, peringatan Tahun Baru Islam di Banyuwangi juga dimeriahkan dengan Festival Anak Yatim yang akan digelar besok Rabu, 11 September 2019 di Pendopo Kabupaten. Dalam festival tersebut, selama sehari penuh ribuan anak yatim akan dikumpulkan dan diajak bersenang-senang menikmati aneka wahana permainan dan kuliner yang telah disiapkan khusus untuk mereka.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00