• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Kualifikasi Piala Dunia 2022: Indonesia Dibungkam Thailand di GBK

10 September
22:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Timnas Indonesia menelan kekalahan di laga kedua Grup G Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 saat berhadapan dengan Thailand. 

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2019) malam WIB, skuat Garuda kalah dengan skor cukup telak 0-3 dari tim Negeri Gajah Putih tersebut. 

Di paruh pertama kedua tim bermain cukup sengit. Kedua kesebelasan silih berganti memberikan tekanan terhadap pertahanan lawannya masing-masing. Tak jarang keduanya memiliki peluang emas untuk mencetak gol. 

Seperti pada menit ke-34, Irfan Bachdim nyaris mencetak gol ke gawang Thailand. Sayang, sepakannya usai mendapat umpan terobosan masih terlalu lemah dan masih mampu dihalau oleh penjaga gawang Thailand, Siwarak Tedusungneon. 

Begitu juga Thailand yang nyaris mencetak gol pada menit ke-40. Beruntung, kiper Indonesia, Anditany Ardhiyasa sigap menangkap bola muntahan hasil halauan dari sepakan pojok. Disisa laga, kedua tim semakin sengit dengan silih berganti melakukan serangan. Namun, hingga turun minum skor imbang 0-0 masih bertahan. 

Usai jeda Indonesia mencoba tampil menekan sejak awal. Peluang pertama bagi Indonesia di paruh kedua ini tercipta di menit ke-50 lewat tendangan bebas di depan kotak penalti. Sayang, sepakan Irfan Bachdim masih melebar tipis di atas mistar gawang. 

Alih-alih melancarkan serangan, Indonesia malah kebobolan lebih dulu pada menit ke-56. Supachok Sarachat yang mencatatkan pertama kali namanya di papan skor pada pertandingan kali ini setelah sepakan kaki kirinya menggetarkan gawang Indonesia yang dikawal Andritany. 

Menit ke-62 Indonesia mendapatak hukuman penalti dari wasit Ma Ning (China) setelah Andritany Ardhiyasa dinilai melakukan pelanggaran terhadap pemain Thailand didalam kotak terlarang. 

Theerathon Bunmathan yang menjadi eksekutor penalti berhasil memperdaya Andritany. Sepakannya yang mengarah ke pojok kanan atas gawang tak mampu dihalau oleh penjaga gawang milik Persija Jakarta itu pada menit ke-64. 

Menit ke-72, Thailand berhasil menambah pundi-pundi gol-nya. Lagi-lagi, Supachok Sarachat yang menciptakan gol ketiga bagi tim asuhan Akira Nishino itu. 

Di sisa laga, Indonesia terus mencoba untuk mencetak gol. Sayangnya, beberapa peluang yang didapat belum mampu memperkecil kedudukan. Hingga akhirnya, wasit menipukan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Skor 0-3 untuk tim tamu tetap bertahan. 

Kekalahan ini menjadi yang kedua diterima Indonesia di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Sebelumnya Indonesia kalah 2-3 oleh Malaysia di tempat yang sama, Kamis (5/9/2019). Jelas kekalahan ini, membuat Indonesia semakin terpuruk di dasar klasemen Grup G dengan tanpa poin. Sedangkan Thailand, kini berada di puncak klasemen dengan koleksi empat poin dari dua laga. 

Susunan Pemain

Indonesia: Andritany Ardhiyasa, Yustinus Pae, Yanto Basna, Hansamu Yama Pranata, Ruben Sanadi, Manahati Lestusen, Evan Dimas, Andik Vermasah, Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, Alberto Goncalves

Thailand: Siwarak Tedsungnoen, Theerathon Bunmathan, Pansa Hemviboon, Manuel Bihr, Tristan Do, Sarach Yooyen, Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat, Phitiwat Sookjitthammakul, Ekanit Panya, Supachai Jaided

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Boyong 20 Pemain, Garuda Muda Siap Bertarung di SEA Games