• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

MTU, Mobil Pelatihan Kerja yang Menjangkau Pelosok Desa

10 September
19:10 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Pemerintah Provinsi Jawa Timur, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) berupaya untuk terus mengurangi angka pengangguran terbuka. Salah satunya melalui Mobile Training Unit (MTU). 

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, disela membuka pameran kerja di Jatim Expo mengatakan, Mobile Training Unit ini, diharapkan bisa melakukan penjangkauan ke berbagai daerah, karena alat-alatnya sudah portable. 

"Dalam kurun waktu 240 jam rata-rata, ada yang sudah mulai ditambah 40 jam lagi 280, rata-rata layanan 240 jam mereka alumninya sudah bisa bikin bengkel sendiri," jelasnya, Selasa (10/9/2019).

MTU ini untuk berbagai peralatan perbaikan mobil dan motor. Bahkan, ada juga MTU yang untuk handicraft. Fungsinya, kata Khofifah sama, dimana melalui MTU ini, masyarakat khususnya ibu ibu, dapat belajar membuat aneka kerajinan tangan. 

"Jadi handicraft lebih mudah untuk ibu-ibu rumah tangga. Terutama saya rasa kalau ibu-ibu di daerah-daerah sambil menunggu anaknya sekolah di TK kan suka itu, itu mereka bisa membuat macam-macam handicraft," lanjutnya. 

Untuk aneka kerajinan tangan yang dihasilkan, minimal harga yang ditawarkan kepada pembeli, sebesar Rp25.000, sehingga kalau mereka bisa terfasilitasi akses marketnya, menurut Khofifah, adalah sesuatu yang marketable.

"Karena pengerjaannya sudah sangat rapi. Seperti tadi juga BLK Situbondo dan Jembar itu pengerjaannya desain warna, menurut saya sudah sangat mengikuti dengan tren pasar," ungkapnya. 

Sekarang, lanjut Khofifah, bagaimana agar mereka bisa mendapatkan skill, kemudian mendapatkan modal, mereka dibantu akses marketnya.

"Rasanya ini akan membuka pertumbuhan pertumbuhan ekonomi baru di desa-desa, maka MTU menjadi penting," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00