• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Indonesia vs Thailand Sepi Penonton, Pedagang Merchandise Lesu

10 September
18:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Menjelang kick off pertandingan sepakbola Indonesia menghadapi Thailand pada laga kedua Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta tidak seramainya saat skuat Garuda berhadapan dengan Malaysia, Kamis (5/9/2019) lalu. 

Minimnya animo penonton Indonesia kontra Thailand ini, membuat pedagang pernak-pernik atau merchandise di area stadion kebanggaan milik Indonesia itu-pun lesu. Bahkan, sepinya penonton, membuat omset para pedagang merchandise menurun drastis dibanding saat Indonesia melawan Malaysia. 

"Hingga saat ini (pukul 18.00 WIB) saya baru jual satu mas.  Omset yang saya dapat menurun drastis.  Saat Indonesia menghadapi Malaysia, saya dapat omset sekitar Rp3 juta lebih," ungkap salah satu pedang merchandise,  Yanto kepada rri.co.id di kawasan SUGBK,  Senayan,  Jakarta,  Selasa (10/9/2019) menjelang pertandingan.  

Minimnya animo suporter diduga tak lepas dari kekalahan Indonesia di laga sebelumnya melawan Malaysia. Skuat Garuda kalah 2-3. Bahkan dalam tersebut sempat diwarnai kericuhan suporter yang terjadi di dalam dan di luar stadion.

Yanto sendiri yang menjajakan dagangannya di depan kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sangat menyayangkan insiden kerusuhan yang terjadi tersebut. Menurutnya, hal tersebut bisa berdampak buruk bagi sepak bola Indonesia khususnya terkait sanksi yang akan diberikan oleh FIFA. 

"Ya seharusnya itu (kerusuhan) ga perlu terjadi. Karena itu akan membuat sepak bola Indonesia terkena sanksi FIFA. Seharusnya kita bisa berdoa, agar sepak bola Indonesia kedepannya bisa lebih baik," tuntas pria asal Bandung, Jawa Barat berusia 36 tahun yang kini memiliki dua buah hati tersebut. 

Sebagai informasi Indonesia bakal menghadapi Thailand di SUGBK, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2019) pukul 19.30 WIB. Menurut data yang dihimpun, jumlah tiket yang terjual pada pertandingan kali ini hanya sekitar belasan ribu, berbeda jauh dari saat Indonesia menghadapi Malaysia yang terjual kurang lebih 50 ribu lembar. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00