• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Menuju Pilgub Bengkulu 2020, PAN Tawarkan Gerindra Bentuk Poros Baru

9 September
19:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Partai Amanat Nasional (PAN) menawarkan untuk membentuk poros baru kepada Partai Gerindra menuju Pilkada serentak tahun 2020, khususnya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu.

"Saya sudah bertemu dengan Sekretaris DPD Partai Gerindra Provinsi Bengkulu Suharto, menawarkan untuk mengusung Susi Marleny Bachsin sebagai calon gubernur (cawagub) bisa berpasangan dengan Kopli Ansorisebagai calon wakil gubernur (cawagub),” ungkap Wakil Ketua DPW PAN Provinsi yang juga Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler kepada sejumlah wartawan di gedung DPRD Provinsi.

Dikatakan, wacana pembentukan poros baru dengan mengusung Susi Marleny Bachsin-Kopli Ansori, untuk menepis rumor soal Ketua DPW PAN Provinsi yang juga Walikota Bengkulu Helmi Hasan, diisukan bakal maju dalam Pilgub.Mengingat Helmi, masih ingin fokus menyelesaikan tugas menjadi Walikota hingga berakhir masa jabatannya.

“Wacana itu juga atas instruksi langsung dari Ketua DPW.Dimana PAN ingin memunculkan tokoh baruyang masih muda dan energik untuk menjadi pemimpin di Provinsi Bengkulu,seperti Kopli diketahui selain menjabat Ketua PAN Lebong, mantan calon Bupati Lebong dengan perolehan suara terbanyak kedua, dan sekarang juga seorang pengusaha. Sedangkan alasan Susi yang berasal dari Bengkulu Selatan, saat ini menjabat Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Bengkulu dan masih menjabat anggota DPR RI serta pada Pemilu lalu kembali terpilih, tidak diragukan lagi sangat pantas dijagokan pada Pilgub, meski kita (PAN,red) sebetulnya masih ada satu nama lain yang juga figur muda untuk maju Pilgub, adalah M Fikri Tobari. Tetapi keputusan akhir tetap berada Gerindra,katanya, Senin, (9/9/2019).

Lebih jauh mengenai wacana koalisi pada Pilgub, ia menjelaskan, dengan rencana gabungan Gerindra dengan 6 kursi dan PAN sebanyak 2 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, dalam pengusungan yang baru memiliki 8 kursi masih kekurangan satu kursi lagi. Untuk itu dipersilakan kepada kedua kandidat, untuk mencari tambahannya.

“Dengan kekurangan kursi, mau tidak mau memang harus koalisi dan silakan kedua kandidat mencari nantinya, karena secara komposisi Susi-Kopli juga pasangan mewakili keterwakilan perempuan dan laki-laki,” ucapnya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan belum diperoleh keterangan sejauh mana wacana tersebut dari pengurus Partai Gerindra Provinsi Bengkulu. Bahkan ketika dikonfirmasi via pesan singkat whattshap kepada pengurus Partai Gerindra, juga belum ada jawabannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00