• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Pansel Capim KPK Selesai, Fit and Proper Test Murni Domain DPR

9 September
15:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menghadiri Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi III DPR RI sekaligus menyerahkan semua dokumen dari 10 Capim KPK yang sudah lolos tes, untuk kemudian menjalani fit and proper test oleh DPR dalam rangka menetapkan 5 (lima) orang Pimpinan KPK baru, menggantikan yang sekarang.

Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih menyampaikan kepada wartawan, bahwa proses RDPU dengan Komisi III DPR RI berjalan sangat baik dan positif hasilnya. Semua pertanyaan yang dilontarkan anggota dewan sudah dijawab dengan baik oleh para pimpinan Pansel.

"Kami sudah jawab yang ditanyakan dan itu positif. Tidak ada keberatan apapun dalam RDPU tadi," ujar Yenti Garnasih kepada wartawan di Gedung DPR/MPR, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (9/9/2019).

Pada saat yang sama, Anggota Pansel Capim KPK Hamdi Muluk menyatakan, usai RDPU bersama Komisi III DPR RI hari ini, itu dengan sendirinya menyatakan bahwa tugas Pansel sudah selesai. Mengenai fit and proper test sampai penetapan siapa lima orang Capim baru KPK adalah sepenuhnya domain DPR RI.

"Pansel sudah selesai. Penetapan siapa yang lolos dari 10 Capim KPK adalah sepenuhnya domain DPR RI," ucap Hamdi kepada wartawan.

Secara administratif, Pansel sudah selesai. Namun masih ada tanggung jawab moral terkait hasil kerja dalam proses memilih 10 Capim KPK yang saat ini semua dokumennya sudah diserahkan kepada Komisi III DPR RI.

"Saya garisbawahi, fit and proper test dengan cara apapun, menggunakan basis data apapun, bagaimanapun materinya itu domain DPR dan sah. Itu ketatanegaraan lho, Pansel tak boleh ikut campur. Hanya tadi DPR sempat meminta, Pansel masih punya morale obligation, jadi manakala DPR perlu data apapun akan diberikan Pansel," tegas Hamdi.

Hamdi juga sekaligus menampik semua isu apapun yang beredar mengenai Pansel Capim KPK selama ini. Menurutnya, dalam menjalankan tugas, Pansel sudah terbuka kepada publik. Terutama dalam tiga hari wawancara dan uji publik terhadap Capim KPK, semuanya terbuka.

"Silakan periksa transkrip. Mari berada di koridor data. Jangan membangun republik ini berdasarkan asumsi dan kecurigaan. Tidak boleh seperti itu terus. Harus berdasarkan fakta dan data," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III Herman Hery menyampaikan, setelah selesai RDPU dengan Pansel Capim KPK, agenda Komisi III selanjutnya adalah melakukan fit and proper test terhadap 10 Capim KPK untuk menentukan 5 (lima) terbaik sebagai Pimpinan baru KPK nantinya.

"Sore ini (para Capim KPK) persiapan makalah. Antara Rabu malam dan Kamis pagi, kami sudah bisa memilih Capim KPK. Dimulai pukul 10.00 WIB," sebut Herman Hery kepada RRI di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (9/9/2019).

Herman Hery menjamin proses fit and proper test akan berjalan lancar, sehingga ia meminta semua pihak untuk membiarkan proses itu bergulir saja dengan sendirinya. Karena Komisi III DPR RI juga akan berusaha menyelesaikan hingga dua hari ke depan.

"Biarkan bergulir saja. Seberapa bisa selesai hari pertama, lanjut hari kedua, lanjut pemilihan. Dan ini bukan soal dipercepat atau diperlambat," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00