• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2032

9 September
14:47 2019
1 Votes (5)

KBRN, Kupang : Kesuksesan menjadi Tuan Rumah Asian Games 2018 menjadi tolak ukur Bangsa Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade tahun 2032.

Keinginan Bangsa Indonesia ini dilontarkan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plh. Kepala LPP RRI Kupang Leonardus Atanus selaku Kepala Bidang Teknik Media Baru pada puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-36, Senin (9/9/2019) di Halaman LPP RRI Kupang.

Menurut Menpora keinginan tersebut telah ditindaklanjuti oleh Presiden Republik Indonesia melalui Surat Pengajuan sebagai tuan rumah, yang disampaikan kepada Presiden Internasional Olympic Committee (IOC) melalui Duta Besar Indonesia di Swiss.

Indonesia juga berharap, Pencak Silat yang merupakan olahraga asli rakyat Indonesia, mampu dipertandingkan dalam ajang bergengsi Olimpiade dan Paralimpiade tahun 2032 mendatang.

“Kesuksesan menjadi tuan rumah dalam ajang pertandingan olahraga tingkat Asian menjadi tolak ukur kita untuk bisa menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade tahun 2032,” ungkap Menpora RI dalam sambutan tertulisnya pada Haornas ke-36 Tahun 2019.

Menpora juga menyampaikan apresiasi kepada atlet-atlet Indonesia, pada perhelatan Asian Games dan Asian Paragames 2018, Indonesia mendapat kado istimewa yakni, menempati posisi ke empat Asian, setelah mengantongi 98 medali terdiri dari, 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Dan yang lebih membanggakan lagi, atlet Disabilitas mampu mencatat sejarah baru, yakni menjadi peringkat kelima ajang Asian Paragames yang memperoleh 135 medali terdiri dari, 37 medali emas, 47 perak, dan 51 medali perunggu.

“Dan tahun ini, kita telah menyiapkan atlet-atlet yang akan bertanding dalam perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Tokyo. Cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Olimpiade 2020 merupakan cabang olahraga unggulan yang kita harapkan mampu melampaui yang ditentukan,” ungkap Menpora lebih lanjut.

Selanjutnya, untuk mengoptimalkan Pemassalan dan Pembudayaan Olahraga, sesuai Instruksi Presiden nomor satu tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas, yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomo 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga,  Menpora Imam Nahrawi juga mengajak semua Instansi dan Lembaga Pemerintah, Pendidikan, serta LSM melaksanakan gerakan olahraga secara massif dan meluas di semua  lapisan masyarakat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00