• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

DPRD Kota Madiun akan Umumkan Unsur Pimpinan Definitif

9 September
14:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Madiun : DPRD Kota Madiun menjadwalkan penetapan unsur pimpinan definitif dilaksanakan pada Rabu (11/9/2019). Penetapan itu akan diumumkan melalui rapat paripurna internal.

Komposisi susunan pimpinan DPRD Kota Madiun definitif berisi tiga orang.  Yakni satu orang ketua dan dua orang wakil ketua. Penetapan pimpinan definitif tersebut mengacu hasil perolehan kursi masing-masing partai politik atau dengan sistem proporsional. 

Yakni bagi parpol yang memiliki kursi terbanyak di DPRD, berhak menempatkan anggotanya menduduki unsur pimpinan. Meski begitu, hal itu harus mendapat surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Partai (DPP) pusat.

Ketua sementara DPRD Kota Madiun, Andi Raya Bagus Miko Saputra mengatakan, sampai saat ini masih ada surat pimpinan dari parpol yang masih dalam proses. Meski begitu, Andi merencanakan akan segera mengumumkan unsur pimpinan DPRD definitif periode 2019-2024, agar dapat melaksanakan kinerja sesuai tupoksi masing-masing.

“Kita rencanakan akan kita umumkan pada Rabu esok. Proses selanjutnya yaitu kita umumkan melalui rapat paripurna internal, setelah itu kita kirimkan ke walikota untuk diteruskan ke Pemprov Jatim,” ungkap Andi Raya, Senin (9/9/2019).

Politisi PDIP ini menyatakan, penetapan unsur pimpinan DPRD definitif tergantung dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sebab ada mekanisme yang harus dilalui. Meski begitu proses surat bisa terjawab dari pemprov hingga dikeluarkannya SK dari provinsi, maksimal dilakukan selama 14 hari.

Penentuan unsur pimpinan DPRD yakni untuk posisi ketua merupakan hak dari partai politik yang memperolah kursi terbanyak pertama. Di Kota Madiun, pada Pemilu 17 April lalu, PDIP memiliki jatah enam kursi dari total 30 kursi di DPRD. Sedangkan posisi wakil ketua I dan II yakni dari perolehan kursi terbanyak kedua dan ketiga. Saat itu, kursi terbanyak kedua berasal dari Partai Demokrat dan ketiga dari Partai Perindo masing-masing empat kursi.

Sementara ini, tiga orang yang berpeluang menduduki unsur pimpinan DPRD Kota Madiun definitif, yakni ketua dijabat Andi Raya Bagus Miko Saputra dari PDIP. Wakil Ketua I dijabat Istono dari Demokrat dan Wakil Ketua II dijabat Armaya dari Partai Perindo.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00