• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Sakit, Ada Jamaah Haji Asal Surabaya Belum Bisa Pulang ke Tanah Air

8 September
23:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Musim haji telah berakhir sejak bulan lalu, bahkan jamaah asal Indonesia sudah banyak yang kembali ke daerah asalnya. Namun rupanya, ada beberapa jamaah asal tanah air yang masih harus menetap di Tanah Suci.

Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kementerian Agama Kanwil Jawa Timur menyampaikan, saat ini ada sekirar 26 haji Debarkasi Surabaya yang terpaksa harus ditinggal karena tengah sakit parah.

Kepala Bidang Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kementerian Agama Kanwil Jawa Timur, Jamal mengatakan mereka yang ditinggal diketahui sudah sakit sejak awal rangkaian proses haji.

“Ada sekitar 26 haji yang ditinggal. Sampai saat ini sudah ada 60 kloter yang pulang ke Indonesia,” ujar Jamal, Minggu (8/9/2019).

Ia menambahkan, rata-rata dari jamaah memang mengalami penyakit bawaan yang kambuh saat menjalani ibadah haji.

Faktor cuaca panas yang ekstrem selama di Mekkah, lanjutnya, juga menjadi penyebab penyakit yang diderita para jemaah cepat kambuh.

“Cuaca ekstrem hingga 40 derajat celsius, jadi beresiko menyebabkan mereka sakit. Penyakitnya, seperti jantung, anemia, demensia dan diabetes,” jelasnya.

Para jemaah haji asal Surabaya yang masih berada di Tanah Suci dipastikan kembali diantar pulang ke Indonesia usai kondisi mereka dinyatakan siap untuk menjalani perjalanan jauh.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00