• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Raja Galuh Apresiasi Kerja Keras Panitia Pasanggiri Jaipong Seri III, Sedot Ratusan Peserta

8 September
20:24 2019
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Raja Lembaga Adat (LAK) Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi mengapresiasi sekaligus bangga atas kinerja Panitia Pelaksana Pasanggiri Jaipong Seri Ke-III Galuh Pakuan tingkat Jawa Barat, yang sukses menjaring 200 an peserta dari Kabupaten/Kota di Jawa Barat dan Banten.

Menurut Evi, kerja keras untuk mempersiapkan event Pasanggiri Jaipong seri ke-III Galuh Pakuan tingkat Jawa Barat, sehingga animo peserta dari berbagai Sanggar Tari Kab/Kota di Jabar dan Banten, dapat ambil bagian dalam Pasanggiri yang memperebutkan piala Raja Galuh Pakuan, Bupati Subang, dan Kemendikbud.

"Saya selaku penanggungjawab penyelenggaraan pasanggiri jaipong seri ke-III Galuh Pakuan Tingkat Jawa Barat, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara, yang sudah bekerja keras, yang berbuah tingginya animo peserta dari berbagai sanggar tari dari sejumlah Kabupaten Kota di Jabar dan Banten, ikut bagian dalam event pasanggiri ini," ujar Evi kepada wartawan di Subang, Minggu (8/9/2019).

Pasanggiri Jaipong seri ke-III Galuh Pakuan kata Evi, bertujuan dimana LAK Galuh Pakuan sebagai Lembaga Adat Kesundaan, dapat mendidik agar masyarakat Jawa Barat dan Banten, tidak lupa terhadap kesenian daerahnya, sekaligus untuk lebih memperkenalkan kesenian daerah.

"Pasanggiri Jaipong seri ke-III ini merupakan event terbesar yang pernah dilaksanakan di Kabupaten Subang. Dimana LAK Galuh Pakuan mengundang ratusan peserta luar kabupaten, bahkan dari luar provinsi, untuk menunjukan bakan dan kemampuan para peserta, dalam pasanggiri jaipong ini," imbuhnya.

Evi menambahkan, level gelaran Pasanggiri Jaipong seri ke-III Galuh Pakuan kali ini menjadi tingkat Provinsi, yang sebelumnya hanya digelar ditingkat kabupaten. Pasanggiri Jaipong ini  rencananya digelar pada 21 dan 22 September 2019 di Aula Pemkab Subang.

Maka dari itu ditegaskan Evi, dalam penilaian peserta dan penetapan pemenang dewan juri nanti diharapkan harus konsisten, independen dan akuntabel. Artinya juri harus terbuka dan bertindak adil, serta murni melakukan penilaian dalam menentukan pemenang, sehingga para pemenang pasanggiri jaipong ini bisa menjadi bibit untuk masa depan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00