• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Ratusan Peserta Dipastikan Ikuti Pasanggiri Jaipong Galuh Pakuan Seri III

8 September
18:26 2019
1 Votes (4)

KBRN, Subang : Dua pekan menjelang pelaksanaan Pasanggiri Jaipong Seri Ke-III Galuh Pakuan Tingkat Jawa Barat digelar, Panitia Pelaksana melakukan registrasi serta pengundian nomor urut peserta, sekaligus menggelar teknical meeting di Karatwan Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan, Minggu (8/9/2019).

Hingga saat ini tercatat sekitar 200an peserta, akan mengikuti Pasanggiri Jaipong Ke III Galuh Pakuan, yang akan berlangsung 21 hingga 22 September 2019 mendatang, di Aula Pemkab Subang. 

Juri Pasanggiri Jaipong Seri Ke-III Galuh Pakuan tingkat Jawa Barat Tatang Taryana M.Sn menyatakan, menjadi sebuah kehormatan bagi dirinya, karena sudah 3 kali terlibat dalam Pasanggiri Jaipong yang digelar Galuh Pakuan.

"Alhamdulillah, ini menjadi kehormatan bagi saya dari Galuh Pakuan, sejak pasanggiri jaipong seri-seri sebelumnya, termasuk di seri ke-III ini, terlebih levelnya sekarang harus menjadi juri pasanggiri tingkat Jawa Barat," ungkap Tatang kepada wartawan di Subang, Minggu (8/9/2019).

Tatang juga mengatakan, Pasanggiri Jaipong yang digelar Galuh Pakuan selain sebagai ajang kreativitas bagi sejumlah sanggar tari untuk menggali dan mengembangkan potensi agar lebih baik lagi, juga penggemblengan  para penari yang nantinya bisa berbicara di level nasional, bahkan internasional.

"Pasanggiri ini diharapkan mampu menjadi wadah kreativitas seluruh sanggar yang mengikuti ajang pasanggiri ini, sehingga dapat melahirkan para seniman tari yang mampu berbicara banyak dilevel nasional dan dunia internasional," imbuhnya.

Ketika disinggung tentang objektivitas penilaian juri pada pelaksanaan pasanggiri nanti Tatang menegaskan, untuk penilaian dan penentuan pemenang pasanggiri nanti, dewan juri akan terbuka, dan tanpa ada musyawarah, langsung memberikan penilaian. Terkecuali jika ada peserta yang memiliki nilai yang sama, maka dewan juri akan mempertandingkan kembali hingga ada peserta yang memiliki nilai paling tinggi.

"Saya rasa itukan cukup fair, jadi apabila terdapat nilai yang sama, akan kita tandingkan kembali, hingga terdapat peserta yang memiliki nilai tertinggi," pungkas Tatang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00