• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Mengenal Sengkubak, Daun yang Bisa Diolah Jadi Pengganti Vetsin

8 September
10:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Anda kerap menambahkan vetsin sebagai penyedap rasa masakan? Kini, ada bahan penyedap rasa alami yang dapat menggantikan vetsin.

Adapun vetsin mengandung berbagai zat kimia yang tentunya tidak baik untuk kesehatan jika terlalu banyak mengonsumsinya.

Baru-baru ini, diketahui ada tanaman bernama sengkubak yang dapat diolah menjadi pengganti vetsin. Tanaman tersebut berasal dari Kalimantan Barat.

Tanaman berdaun lancip ini diketahui tumbuh secara liar di ketinggian 100-150 meter, baik di dataran rendah dan perbukitan.

“Tidak seperti vetsin yang berbentuk bubuk kristal, sengkubak diolah untuk memasak cukup dengan ditumbuk halus atau diiris tipis-tipis dan diremas-remas kemudian dituangkan ke dalam masakan,” ujar salah satu masyarakat yang biasa mengolah sengkubak menjadi penyedap rasa, Monica, Minggu (8/9/2019).

Ia menambahkan, sengkubak memiliki cita rasa yang mirip vetsin.’Daun ini juga diketahui mengandung protein, karbohidrat, mineral dan air.

“Kami tidak pernah pakai vetsin. Kami pakai ini untuk penyedap masakan. Sudah diolah keluarga secara turun temurun dari nenek,” katanya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00